Sukabumi Update

Terinfeksi Covid-19, Harimau dan Singa Juga Jatuh Sakit

SUKABUMIUPDATE.com -  Harimau dan singa di kebun binatang Bronx Zoo, New York, Amerika Serikat jatuh sakit dan diduga mereka terinfeksi virus corona baru yang menyebabkan wabah Covid-19 diseluruh dunia.

Dilansir dari suara.com, Harimau malaya betina bernama Nadia, saudarinya Azul, dua ekor harimau Amur, serta tiga ekor singa Afrika sempat menderita batuk kering dan beberapa kucing besar menunjukkan masalah pernapasan dan kehilangan nafsu makan karena diduga terjangkit Covid-19.

Menurut pihak kebun binatang, mulai 27 Maret kemarin salah satu ekor kucing besar itu mulai menunjukkan gejala sakit. Gejala juga muncul di enam harimau dan singa lainnya.

Meski demikian, dari tujuh kucing besar itu, hanya Nadia yang sudah dites Covid-19 dan hasilnya positif. Tes terhadap enam harimau dan singa lainnya tidak dilakukan karena prosedurnya mewajibkan dilakukan pembiusan.

Ini adalah kasus infeksi Covid-19 pertama pada harimau, demikian dikatakan petugas kebun binatang Minggu (5/4/2020) seperti dilansir The Guardian. Harimau dan singa itu diyakini tertular Covid-19 dari petugas kebun binatang yang tidak menunjukkan gejala.

Tetapi kini enam kucing besar tersebut sudah mulai membaik, sementara kebun binatang tersebut sudah ditutup sejak 16 Maret lalu.

"Ini adalah hari-hari yang berat untuk kami semua. Kami akan memastikan bahwa apa pun yang kami pelajari dari situasi ini akan digunakan untuk memerangi penyakit ini," kata direktur Bronx Zoo, Jim Breheny.

Departemen Pertanian AS sendiri telah melakukan tes Covid-19 ke sejumlah kecil binatang, baik di kebun binatang maupun ternak, meski belum merekomendasikan secara resmi ke pemerintah. Dikhawatirkan virus itu bisa menyebar ke manusia dari binatang-binatang peliharaan.

"Memang saat ini belum ada bukti bahwa binatang bisa menyebarkan virus ini ke manusia atau bahwa binatang bisa menjadi sumber infeksi di AS," kata Jane Rooney, pejabat dari Departemen Pertanian AS.

Adapun tujuh ekor harimau dan singa itu tinggal di dua area di Bronx Zoo. Mereka diduga telah melakukan kontak dengan seorang petugas yang mengidap Covid-19.

Sumber: Suara.com

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI