Sukabumi Update

Waspada, Kehamilan Trimester Pertama Paling Rentan Kena Virus Corona

SUKABUMIUPDATE.com - Virus Corona Covid-19 bisa menginfeksi siapa saja, termasuk ibu hamil. Melansir dari suara.com, bahkan menurut pakar, risiko infeksi virus Corona Covid-19 paling besar terjadi pada ibu hamil trimester pertama.

Dikatakan dokter kandungan, dr. Boy Abidin, Sp.OG(K), sejatinya kerentanan infeksi bergantung pada usia kehamilan dan kondisi si ibu.

"Di sebut rentan tergantung umur kehamilan stamina ibunya. Kalau sehat dia tidak rentan, untuk itu trimester 1 biasanya ada keluhan," ujar dr. Boy dalam acara Instagram live @ayahbunda_, Senin (13/4/2020).

Pada trimester 1 atau tiga bulan pertama masa kehamilan, para ibu sering mengalami keluhan seperti mual muntah, kurang gizi, atau bahkan stamina yang turun. Kondisi ini apabila tidak diperbaiki atau dijaga dengan baik, maka bisa rentan tertular Covid-19.

"Kalau stamina bagus nggak usah khawatir buat para ibu hamil," kata dr. Boy lagi.

Cara melindungi ibu hamil dari Covid-19

Sudah jadi rahasia umum, jika sistem imun yang baik maka akan membuat tubuh kuat melawan virus yang masuk ke tubuh. Kunci terbaiknya, para ibu harus selalu menjaga pikiran tetap tenang dan enjoy.

"Yang paling penting pikiran ibunya harus selalu enjoy, happy, optimis, dia akan tetap sehat. Kemudian upaya yang dilakukan secara umum pola hidup sehat, makan sehat, olahraga sehat, yang penting hati dan pikirannya nyaman dulu," jelas dr. Boy.

Pola hidup sehat termasuk juga menjaga kebersihan, pakai masker saat keluar rumah, menjaga kebersihan tangan, dan hindari keramaian juga bepergian.

Perlu diingat juga proses kehamilan sangatlah panjang. Maka tidak hanya masa pandemi Covid-19, kondisi kesehatan dan pikiran ibu harus senantiasa terjaga dengan baik. Juga support sistem keluarga sangat diperlukan para ibu.

"Tidak hanya masa pandemi Covid-19. Kalau bisa tetap enjoy dan happy. Terutama suami mertua harus mensupport ibu itu, support sistem itu penting," tutupnya.

 

Sumber : suara.com

 

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI