Sukabumi Update

Gempa Magnitudo 4,0 di Selatan Sukabumi Pagi Ini Dipicu Patahan Dasar Laut

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa bumi dirasakan sejumlah warga selatan Kabupaten Sukabumi, Senin (20/4/2020) pagi sekitar pukul 07.49 WIB. Gempat tersebut sampai membuat beberapa warga Tegalbuleud keluar rumah.

Informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tektonik berkekuatan magnitudo 4,5 tersebut terjadi di laut.

BACA JUGA: Gempa Guncang Selatan Sukabumi, Warga Tegalbuleud Keluar Rumah

Episenter terletak pada koordinat 7.81 LS dan 106.9 BT, atau tepatnya pada jarak 99 kilometer barat daya Kota Sukabumi pada kedalaman 24 kilometer. 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas patahan di dasar laut," jelas Kabid Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

BACA JUGA: Ada Gempa Magnitudo 3,4 Terasa Sampai Sukabumi Sabtu Pagi, Ini Penjelasan BMKG

Lanjut Daryono, berdasarkan laporan dari masyarakat, guncangan dirasakan di wilayah Tegalbuleud dan Kalibunder Kabupaten Sukabumi.

"Getaran dirasakan oleh beberapa orang. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," tandasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI