Sukabumi Update

BMKG Revisi Kedalaman dan Kekuatan Gempa Selatan Sukabumi, Dipicu Lempeng Benua

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa bumi magnitudo 5,0 mengguncang Sukabumi dan sekitarnya, Kamis (30/4/2020) pukul 15.22 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukan pemutakhiran magnitudo gempa menjadi M 4.9.

BACA JUGA: Tidak Berpotensi Tsunami, Guncangan Gempa Dirasakan Kuat di Selatan Sukabumi

Kabid Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono melalui keterangan tertulis menjelaskan, episenter terletak pada koordinat 7,44 LS dan 106,69 BT tepatnya di laut pada jarak 48 kilometer arah tenggara Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dengan kedalaman 50 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme sesar naik (thrust fault)," ujar Daryono.

BACA JUGA: Gempa Magnitudo 5,0 Buat Warga Sukabumi Berhamburan Keluar Rumah

Lanjut Daryono, guncangan gempa ini dirasakan di Cibadak, Cikembang, Karanghawu, Cisolok, Sukabumi, Kalapanunggal, Malingping, Gunung Wangun Cibeber, Ciletuh, Bayah, Sawarna, Pangalengan Bandung dengan skala intensitas II-III MMI, dimana getaran seakan akan ada truk berlalu. Sementara di Puncak Bogor dengan intensitas II MMI dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami," tandas Daryono.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI