Sukabumi Update

LIPI: Vaksin Covid-19 Belum Akan Ditemukan dalam Waktu Dekat

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko mengatakan vaksin Covid-19 belum dapat ditemukan dalam waktu dekat. 

Melansir dari suara.com, kata Handoko, masyarakat diminta siap dengan hidup dalam kondisi normal baru atau The New Normal dan berdampingan dengan Covid-19.

"Kita tidak bisa memprediksi kapan vaksin itu akan ada, bisa jadi tidak pernah ada, tapi tidak akan cepat, tidak mungkin cepat, jadi kita harus mempersiapkan kondisi normal yang baru, new normal, bahwa kita harus hidup bersama Covid-19," kata Handoko saat berkunjung ke Kantor Berita ANTARA Jakarta, Rabu (20/5/2020).

Saat ini, para peneliti di seluruh dunia sedang berupaya menemukan vaksin Covid-19, namun belum ada hasil yang memuaskan.

Tak satu pun negara yang mengklaim telah menemukan vaksin Covid-19.

Di sisi lain, pemerintah Indonesia masih terus berupaya untuk mengembangkan vaksin Covid-19 buatan dalam negeri.

"Pengalaman menunjukkan vaksin itu bisa (ditemukan) belasan tahun, dan belasan tahun juga bisa tidak terjadi apa-apa, tidak muncul juga," ujarnya.

Sebagai contoh nyata, sampai sekarang ini belum ada vaksin untuk HIV, bahkan vaksin untuk malaria sudah berpuluh-puluh tahun juga belum ditemukan, tapi masyarakat bisa hidup sejak lama bersama penyakit itu.

Untuk itu, Handoko menuturkan semua harus mempersiapkan kondisi di mana tanpa vaksin, agar kegiatan ekonomi bisa berjalan kembali dalam kehidupan normal baru (new normal), karena tidak ada yang tahu kapan vaksin dan obat Covid-19 akan bisa ditemukan.

 

Sumber : suara.com

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI