Sukabumi Update

Roket Telah di Landasan, Siap-siap Misi Mars Cina Tianwen-1

SUKABUMIUPDATE.com - Cina selangkah lebih dekat untuk meluncurkan misi Mars Tianwen-1 setelah roket yang akan mengirim misi ke luar angkasa sekarang berada di landasan peluncuran.

Dilansir dari tempo.co, perencana misi Cina menggunakan landasan peluncuran di Pusat Peluncuran Luar Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan di Cina selatan, sebagaimana dilaporkan Slashgear, Sabtu, 18 Juli 2020. Roket yang akan digunakan misi untuk mencapai orbit adalah Long March-5.

Saat ini, perencana misi bermaksud untuk meluncurkannya pada akhir Juli atau awal Agustus. Sementara Cina belum mengonfirmasi tanggal peluncuran, spekulasi adalah bahwa peluncuran dijadwalkan pada 23 Juli. Hari itu adalah pembukaan jendela peluncuran untuk misi itu. Perjalanan roket Long March-5 ke launchpad memakan waktu sekitar dua jam, dan tim peluncuran sedang melakukan tes akhir pada roket sebelum lepas landas.

Menariknya, sementara Long March-5 telah memiliki beberapa peluncuran eksperimental, mengirimkan misi Tianwen-1 ke orbit akan menandai debut operasionalnya. Peluncuran ini juga akan menandai pertama kalinya roket mengirim objek ke orbit transfer Bumi-Mars.

Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan misi Tianwen-1, itu adalah proyek ambisius yang ingin mengorbit, mendarat, dan menjelajahi dalam satu misi. Cina berharap untuk mengumpulkan data ilmiah saat menjelajahi permukaan Mars.

Perencana misi telah menyatakan bahwa persiapan saat ini difokuskan pada pengisian roket dengan bahan bakar dan memastikan bahwa roket siap diluncurkan, dan penjelajah siap untuk misinya.

Pihak berwenang Cina mengatakan bahwa misi itu adalah langkah pertama dari proyek eksplorasi planet di negara itu. Cina juga mengatakan telah mendapat dukungan dari komunitas internasional.

Misi ini terkenal karena menggunakan satu roket untuk secara bersamaan membawa pengorbit Mars, pendarat, dan penjelajah ke luar angkasa. Misi ini akan menjadi yang pertama dari jenisnya yang pernah dilakukan secara global.

sumber: tempo.co

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI