Sukabumi Update

Liga 1 2020: Pergantian Pemain Sebanyak 5 Kali, Pelatih Persib: Masuk Akal

SUKABUMIUPDATE.com - Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts menilai regulasi yang menyebut setiap tim boleh melakukan pergantian pemain sebanyak lima kali di Liga 1 2020, terbilang masuk akal. "Pergantian hingga lima pemain itu masuk akal," ucap Robert di Bandung, Selasa, 18 Agustus 2020.

Dilansir dari Tempo.co, Robert beralasan penambahan pergantian pemain itu tampak masuk akal karena ada wacana setiap klub wajib melakukan perjalanan menggunakan bus saja. Meskipun kompetisi Liga 1 hanya dipusatkan di Pulau Jawa, tapi tentu akan banyak menguras stamina pemain saat melakoni sebuah perjalanan menggunakan bus.

"Saya pikir (pergantian 5 kali) itu akan dibutuhkan jika,apa yang saya dengar tentang rencana semua tim harus melakukan perjalanan menggunakan bus," ucap pelatih dari Belanda itu.

Selain itu, kata dia, padatnya jadwal pertandingan Liga 1, akan berakibat pada kelelahan pemain. Guna menyiasati hal ini, maka penambahan slot pergantian pemain akan mengurangi efek negatif padatnya jadwal pertandingan Liga 1.

"Dibutuhkan banyak pemain dan pergantian pemain, karena jika saya melihat proposal jadwal liga sejauh ini, jadwalnya sangat padat karena digelar pada Oktober hingga Februari dengan memainkan 31 pertandingan. Ada 6-7 pertandingan dalam satu bulan," kata dia.

Karena itu, kata Robert, tugas Persib kini tetap fokus melakukan persiapan guna menyongsong dihelatnya kompetisi tertinggi di Indonesia itu. Robert bersama jajaran tim pelatih Persib tengah serius melakukan latihan guna mengembalikan kebugaran juga adaptasi anak asuhnya.

"Jika melakukan perjalanan menggunakan bus artinya dibutuhkan waktu sekitar 10 jam dan itu akan sangat mempengaruhi kelelahan dari pemain resiko cedera. Jadi saya menunggu informasi resmi soal itu. Jika ini benar terjadi, maka kami harus melakukan persiapan yang bagus bagaimana pemain siap menghadapi pertandingan," ujarnya.

Robert pun menargetkan anak asuhnya bisa berada di papan atas klasemen Liga 1 2020. Sebelum dihentikan, Persib tercacat mampu menempati peringkat pertama Liga 1 dengan torehan 9 poin dari tiga laga yang baru dijalaninya. "Target kami adalah memanfaatkan waktu selama enam pekan untuk lebih tangguh dari tim lain," ujar dia.

 

sumber: tempo.co

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI