Sukabumi Update

Asteroid Terdeteksi Melintas 2.950 Kilometer di Atas Samudra Hindia

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah pengamatan asteroid yang didanai badan antariksa Amerika, NASA, telah mendeteksi sebongkah batu luar angkasa seukuran mobil SUV terbang melintasi Bumi akhir pekan lalu.

Dilansir dari Tempo.co, ini merupakan perlintasan asteroid tanpa tumbukan (nonimpacting) terdekat yang pernah terdeteksi, kata NASA pada pekan ini.

Asteroid bernama 2020 QG itu melintas sepanjang 2.950 kilometer di atas Samudra Hindia selatan pada Minggu, 16 Agustus 2020, pukul 00.08 EDT (11.08 WIB).

Berdiameter sekitar 3-6 meter, asteroid ini tergolong sangat kecil menurut standar asteroid. Jika asteroid tersebut benar-benar berada di lintasan tumbukan, kemungkinan akan berubah menjadi bola api saat pecah di atmosfer bumi, yang memang terjadi beberapa kali dalam setahun, terang NASA.

Asteroid itu terdeteksi oleh Zwicky Transient Facility, sebuah teleskop survei pemindai langit yang didanai oleh National Science Foundation dan NASA, yang berlokasi di Observatorium Palomar di San Diego County.

Jumlah asteroid kecil seukuran QG 2020 bisa mencapai ratusan juta, tetapi sangat sulit ditemukan sampai mereka berada sangat dekat dengan Bumi. Sebagian besar Asteroid Dekat Bumi melintas dengan aman pada jarak yang sangat lebih jauh, biasanya lebih jauh dari Bulan, menurut NASA.

"Benar-benar hebat bisa melihat asteroid kecil melintas sedekat ini, karena kita bisa melihat gravitasi Bumi secara dramatis membelokkan arah lintasannya," kata Paul Chodas, Direktur Pusat Studi Objek Dekat Bumi di Laboratorium Propulsi Jet NASA di California Selatan. "Perhitungan kami menunjukkan bahwa asteroid ini berputar sekitar 45 derajat saat melintasi planet kita."

Sumber: Tempo.co

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI