Sukabumi Update

Liga 1 2020 Ditunda: Persib Libur Latihan Sepekan, Bali United Matangkan Tim

SUKABUMIUPDATE.com - Klub-klub yang semula sudah menyusun rencana menghadapi bergulirnya kembali Liga 1 2020 harus mengubah agendanya. Lanjutan kompetisi sepak bola di Tanah Air yang rencananya dimulai 1 Oktober-28 Februari 2021 itu ditunda.

Dilansir dari Tempo.co, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menjelaskan penundaan Liga 1 dan Liga 2 2020 terjadi lantaran tidak mendapat izin keramaian dari Kepolisian Negara Republik Indonesia karena kasus Covid-19 yang masih tinggi.

"Kami juga menyadari fakta di lapangan memang demikian. Oleh karena itu, PSSI menghormati dan memahami keputusan tersebut," ujar Iriawan dalam konferensi pers daring di Jakarta, Selasa, 29 September 2020.

PSSI berharap penundaan kompetisi itu hanya berlangsung selama sebulan. Andai lebih dari itu, Iriawan mengatakan, efeknya bisa tidak baik bagi persepakbolaan nasional. Ia mempertimbangkan soal pengaturan jadwal dan persiapan Piala Dunia U-20 yang akan dihelat di Indonesia tahun depan.

Setelah adanya keputusan soal penundaan Liga 1, Persib meliburkan para pemainnya dari aktivitas latihan bersama selama sepekan. Sebelumnya, mereka telah berlatih intensif dan menggelar laga uji coba untuk persiapan menghadapi kompetisi.

Pelatih Robert Rene Albert mengatakan pemberian libur kepada pemain menjadi solusi tepat untuk tim. "Ini situasi yang tidak mudah dan cukup membingungkan," ujarnya.

Pelatih asal Belanda ini semula sudah merancang program untuk pemainnya. "Awalnya kami berencana tur ke Madura dan berubah menjadi ke Yogyakarta untuk menjalani pertandingan pekan ke-4," katanya.

Berbeda dengan Persib, Bali United tetap melanjutkan program latihannya di Bali. Pelatih Stefano Cugurra "Teco" akan memaksimalkan penundaan kompetisi untuk mematangkan tim.

"Tim akan terus melakukan persiapan yang lebih matang. Tentu program berbeda pada sesi latihan akan dilakukan di lapangan dengan tetap perhatikan protokol kesehatan dalam tim," ujar Teco dikutip dalam laman resmi klub dari Jakarta, Rabu.

Barang-barang dan semua logistik yang sempat dikirim ke Yogyakarta untuk persiapan mengarungi Liga 1 di sana, dikirim lagi ke Bali. Semula, Bali United akan bermarkas sementara di Yogyakarta saat kompetisi dipusatkan di Pulau Jawa.

Sumber: Tempo.co

Editor : Koko Muhamad

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI