Sukabumi Update

Cek Data Pemilih Pakai Whatsapp, KPU Kota Sukabumi Dijadikan Percontohan Nasional

SUKABUMIUPDATE.com - Inovasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi menjadi salah satu percontohan. Inovasi tersebut berbuah penghargaan dari KPU RI di Yogyakarta pada Rabu (4/11/2020) kemarin.

Informasi yang dihimpun, ada lima KPU kabupaten/kota yang mendapat penghargaan tersebut. Posisi pertama diraih Kota Serang, kedua Gorontalo, ketiga Yogyakarta, keempat Kota Sukabumi dan kelima Banda Aceh.

Mewakili KPU Kota Sukabumi, Komisioner Divisi Data dan Informasi, Harlan Awaludin Kahar yang diiutus untuk menerima penghargaan tersebut.

BACA JUGA: Gara-gara Banyak Coretan, Bawaslu Jabar Sidang KPU Kota Sukabumi

"Berkat penilaian dan presentasi itu masuk delapan besar. Nah dari Delapan besar, keluar lah lima nominasi dan masuk lima terbaik se-Indonesia," kata Harlan saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Jumat (6/11/2020) sepulang dari Yogyakarta.

Harlan menyebut, salah satu keunggulan dari Kota Sukabumi adalah, pemutakhiran data berkelanjutan itu dilaksanakan secara konsisten, kreatif dan inovatif. Baik dari sisi sosialisasi maupun cara pemutakhirannya itu sendiri.

"Pemutakhiran data pemilih bisa diakses melalui aplikasi berbasis android. Bisa juga dilihat di facebook, instagram atau WhatsApp ke KPU Kota Sukabumi. Pemilih bisa langsung menginput NIK (Nomor Induk Kependudukan). Apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum, atau mengalami perubahan elemen data," papar Harlan.

Penghargaan dari KPU RI kepada KPU Kota Sukabumi sebagai salah satu percontohan inovasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

"Ini akan menjadi percontohan bagi kabupaten dan kota se-Indonesia. Bentuk penghargaan yang diberikan oleh KPU RI berupa penambahan anggaran untuk mendukung setiap kegiatan," imbuhnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI