Sukabumi Update

Pemburu Fosil Temukan Bukti Naga Laut Pernah Hidup di Bumi

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang pemburu fosil amatir bernama Dr. Steve Etches MBE menemukan jenis baru "Sea Dragon" dari masa prasejarah di pantai Dorset, Inggris.

Ichthyosaurus atau reptil laut besar ini memiliki ukuran 2 meter dan bernama Thalursodraco etchesi atau "Sea Dragon Etches". Ichthyosaurus disebut Naga Laut karena punya gigi dan mata yang berukuran sangat besar.

Fosil yang ia temukan lalu dikirimkan kepada para ahli di Universitas Portsmouth untuk diidentifikasi. Para ilmuwan mengidentifikasi makhluk purba ini sebagai genus dan spesies baru yang hidup 150 juta tahun yang lalu.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLoS One, penemuan ini adalah Ichthyosaurus kelima di Inggris dari periode jurassic terakhir dan spesies terkecil yang ditemukan.

Karena terkubur dalam batu kapur, fosil terawetkan secara alami dalam kondisi luar biasa dan bahkan beberapa perangkat lunak yang digunakan sejumlah peneliti masih kesulitan membongkar rahasia makhluk purba tersebut.

"Fosil Ichthyosaurus sudah jarang ditemukan, jadi setelah dilakukan penelitian, membandingkannya dengan ujung sampel Jurassic di seluruh dunia, kami tak menemukan persamaan dengan spesies yang lain," tutur Megan Jacobs, ilmuwan dari Universitas Portsmouth, melansir dari Scitechdaily, Jumat (25/12/2020) lalu.

Disamping itu, Profesor David Martill, yang memimpin penelitian paleontologi vertebrata di University of Portsmouth mengatakan bahwa ada beberapa bagian yang membuat hewan ini istimewa, termasuk tulang rusuk dan sirip kecilnya yang tidak biasa.

Untuk diketahui, Thalassodraco etchesi memiliki hubungan erat dengan nannopterygius yang menyebar di Eropa, Rusia dan Arktik.

Sebelumnya, Ichthyosaurus terbesar terakhir yang pernah ditemukan dari periode trias ada di Amerika Utara, beberapa di antaranya memiliki panjang tengkorak hampir 5 meter atau 10 kali lebih besar dari tengkorak penemuan hewan terbaru ini.

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI