Sukabumi Update

Hari Ini, di Pesisir Selatan Jawa Barat Tiga Kali Terjadi Gempa

SUKABUMIUPDATE.com - Akhir pekan ini, Minggu, 31 Januari 2021 tercatat tiga kali terjadi gempa bumi di kawasan pesisir selatan Jawa Barat.

Dilaporkan akun facebook Info Gempa Dunia, ketiga gempa itu terjadi di tiga titik koordinat yang berbeda, dan waktu yang berbeda pula, dengan magnitudo yang cukup kecil, di bawah 4.

Gempa pertama dengan magnitudo 3.0 terjadi Minggu dini hari pukul 03.28 WIB dengan koordinat 8.21 LS - 107.81 BT atau di Samudera Hindia lepas Pantai Cipatujah Tasikmalaya. Gempa tersebut tercatat di kedalaman 11 kilometer.

BACA JUGA: LIPI Sebut Indonesia Dipenuhi Retakan yang Jadi Sumber Gempa

Gempa berikutnya dengan magnitudo 2.8 terjadi berselang beberapa menit, yaitu pukul 03.46 WIB dengan koordinat 7.7 LS - 106.05 BT atau di Samudera Hindia lepas Pantai Ujung Genteng Kabupaten Sukabumi. Gempa tercatat di kedalaman 18 kilometer.

Gempa ketiga dengan magnitudo 3.3 terjadi beberapa jam berikutnya, yakni Minggu siang pukul 12.16 WIB dengan koordinat 7.73 LS - 106.05 BT. Koordinat ini berdekatan dengan gempa kedua, yakni di lepas Pantai Ujung Genteng. Gempa ini tercatat di kedalaman 18 kilometer.

Dari ketiga gempa tersebut, khususnya dari gempa di lepas pantai selatan Kabupaten Sukabumi, tak ada warga yang merasakan guncangan.

BACA JUGA: Sesar Lembang Nihil Aktivitas, BMKG Kaji Potensi Gempa

Yudiansyah (37 tahun) warga Kampung Langensari Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi mengaku tak merasakan guncangan.

"Rumah saya dari pantai Tegalbuleud sekitar 500 meter, tidak merasakan ada getaran gempa," kata Yudiansyah kepada sukabumiupdate.com, Minggu siang.

Begitupun dengan warga Ujung Genteng. Riki Suherdi (36 tahun) warga Kampung Ujung Genteng, Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi juga mengaku tak merasakan gempa.

"Tidak merasakan ada getaran gempa, begitupun saat ditanyakan pada beberapa warga sekitar, sama tidak merasakan," singkat Riki.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI