Sukabumi Update

Inilah Proses Rumah Berteknologi Tahan Gempa di Baros Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Palang Merah Indonesai (PMI) Kota Sukabumi bersama USAID dan American Red Cross membangun rumah dengan sistem retrofitting yang merupakan konstruksi penguatan rumah agar aman dari gempa.

Kepala Markas PMI Kota Sukabumi, Zaini mengatakan, pembangunan rumah tahan gempa sudah berlangsung sejak Senin (15/3/2021) di Kelurahan Baros, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi. Dilaksanakan di Baros, karena wilayah itu masuk garis sesar Cimandiri.

Baca Juga :

"Gempa itu tidak bisa membunuh atau melukai. Yang membunuh dan melukai adalah bangunan yang didesain tanpa memperhatikan kekuatan sehingga ambruk saat gempa terjadi," tegas Kepala Markas PMI Kota Sukabumi, Zaini kepada sukabumiupdate.com saat ditemui di kantor PMI Kota Sukabumi, Selasa (23/3/2021).

photoPembangunan rumah dengan sistem retrofitting yang merupakan konstruksi penguatan rumah agar aman dari gempa di Kelurahan Baros, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi. (Riza)

Di Baros, kata Zaini, baru dibangun dua rumah yang ditargetkan beres dalam waktu 3 minggu.

"Di seluruh Indonesia, program Retrofitting atau pembangunan rumah tahan gempa ini baru dilaksanakan di PMI Kota Sukabumi dan PMI Banyuwangi," jelasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI