Sukabumi Update

Pahami Mendeley, Belajar Menulis Artikel Ilmiah Bersama RLI di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Lembaga RLI (Research And Literacy Institute) mengajak mahasiswa dan dosen di Sukabumi aktif menulis. Salah satunya menulis artikel ilmiah dengan memanfaatkan program referensi mendeley dan menerbitkannya di jurnal-jurnal akademis.

Untuk mewujudkan hal tersebut, RLI tanggal 29 Maret 2021 kemarin mengadakan coaching Artikel dan Jurnal Ilmiah dan Penggunaan Mendeley, di Plaza Dakwah, Kompleks Yayasan Islam jalan raya KH Ahmad Sanusi No:195 Sukakarya Warudoyong Kota Sukabumi. Pesertanya adalah dosen dan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Sukabumi dan Bandung.

"Alhamdulillah para dosen dan mahasiswa di Sukabumi sangat antusias mengikuti acara ini" ungkap Direktur RLI, Dr. H Mulyawan Safwandi Nugraha M. Ag M. Pd kepada sukabumiupdate.com, Selasa (30/3/2021).

Menurut Mulyawan selama ini banyak dosen dan mahasiswa yang ingin lebih paham soal kaidah-kaidah penulisan ilmiah, penerbitan jurnal termasuk pemanfaatan program manajemen referensi mendeley. "Ini yang membuat RLI akhirnya menyediakan waktu khusus untuk pelatihan tema tersebut kepada mahasiswa dan dosen," tegasnya.

photoPeserta dan pemateri pelatihan penulisan ilmiah, jurnal ilmiah dan refesensi mendeley bersama RLI Sukabumi - (istimewa)</span

Menurut Mulyawan, pelatihan ini dibuat sangat taktis dimana peserta langsung mencoba aplikasi komputer untuk menjalankan program referensi mendeley. "Artikel ilmiah adalah tugas dosen sedangkan mahasiswa harus mulai ramah karena akan menghadapi skripsi dan tugas akhir, penggunaan referensi Mendeley untuk membantu tugas-tugas tersebut," bebernya.

Perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan sangat membantu pengerjaan penulisan ilmiah, termasuk mencari media untuk menerbitkan artikel-artikel ilmiah tersebut. "Semuanya serba online. Tak ada lagi dosen atau mahasiswa yang kesulitan dalam menulis artikel ilmiah dan mempublikasikannya," pungkas Mulyawan. 

Baca Juga :

Lalu apa tanggapan peserta pelatihan? Yadi Setiawan, Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang ikut pelatihan mengakui jika selama ini sebenarnya sudah banyak panduan yang disebar secara digital di internet. 

"Tapi kan dengan bimbingan langsung pertanyaan seputar artikel ilmiah, Mendeley dan mencari jurnal publikasi yang tepat bisa dijawab," jelas pemuda yang tinggal di Cibaraja Desa Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi ini kepada sukabumiupdate.com.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI