Sukabumi Update

Gempa Magnitudo 5.2 Guncang Lampung, Ini Analisis BMKG

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa bumi mengguncang wilayah Lampung pada Senin, 12 April 2021 pukul 08.52 WIB dengan magnitudo 5.2. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG menyebut episenter gempa terletak di koordinat 5,62 Lintang Selatan dan 104,55 Bujur Timur.

BMKG mencatat gempa tektonik tersebut berlokasi di darat pada jarak 21 kilometer arah Barat Daya Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung pada kedalaman 110 kilometer. Guncangan dirasakan di daerah Liwa dan Tanggamus II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda ringan yang digantung bergoyang). 

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan tertulis.

Baca Juga :

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi tersebut merupakan jenis gempa menengah akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).  

Hingga Senin, 12 April 2021 pukul 09.15 WIB, dari hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). 

Kepada masyarakat diiimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Namun tetap disarankan menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. 

Kemudian periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI