Sukabumi Update

NASA Tunda Penerbangan Perdana Helikopter Ingenuity di Mars

SUKABUMIUPDATE.com - Rencana wahana helikopter mini Ingenuity yang akan terbang perdana di Planet Mars terpaksa dibatalkan. Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA mengundurkan jadwalnya sampai 14 April mendatang.

Keputusan penundaan ini diambil setelah Ingenuity mengirimkan sejumlah data ke Bumi pada hari Jumat 9 April. 

Ingenuity menguji kecepatan rotor sepanjang hari Jumat lalu. Selama tes, pengujian helikopter tersebut harus berakhir lebih awal dari yang dijadwalkan karena timer pengawas NASA yang ada di Bumi mengalami masalah. 

Ini terjadi ketika Ingenuity mencoba mengalihkan mode penerbangan dari pre-flight ke mode penerbangan auto. 

Saat masalah tersebut muncul, sistem komputer pada Ingenuity akan memberikan peringatan guna menjaga keamanan helikopter dengan cara mematikan aliran listrik sementara, sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan.

Baca Juga :

NASA mengatakan, helikopter tersebut melakukan apa yang seharusnya dikerjakan. Tim Ingenuity di Bumi kini sedang meninjau sejumlah data kiriman Ingenuity agar dapat menentukan sederet masalah yang menghentikan pengujian tersebut.

Setelah peninjauan selesai, uji kecepatan tinggi baling-baling helikopter akan dijadwal ulang. NASA ingin memastikan semua perangkat terbang Ingenuity berjalan dengan normal dan aman.

Ingenuity akan terbang selama 40 detik dengan memutar dua baling-baling sepanjang empat kaki (1,30 meter), lalu naik sampai ketinggian 10 kaki (3 meter lebih), melakukan berbagai manuver seperti melayang, berbelok, mengambil gambar lalu mendarat.

Hingga saat ini, diketahui tidak ada masalah yang serius pada komponen inti Ingenuity. Menurut NASA, helikopter masih dalam kondisi yang aman dan normal.

photoIngenuity, wahana antariksa berbentuk helikopter mini yang akan terbang di Planet Mars - (nasa.gov)</span

Jika penerbangan perdana berhasil, Ingenuity bisa menjelajahi Planet Mars sebanyak empat kali sepanjang bulan April 2021. Ingenuity akan melakukan penerbangan mandiri, alias otomatis tanpa bantuan dari Bumi.

Di setiap penerbangan, Ingenuity akan mengirimkan data melalui sinyal radio. Waktu tempuh sinyal radio dari Planet Mars ke Bumi adalah 15 menit 27 detik.

Wahana Perseverance yang membantu Ingenuity dan tim misi di Bumi berkomunikasi, akan menerima instruksi penerbangan dari Laboratorium Jet Propulsi NASA di Pasadena, California. 

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI