Sukabumi Update

Gempa Mag 2.9 di Gunung Tanjung Sukabumi, BMKG: Pemicunya Belum Dikenali

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa dengan titik episentrum di darat kembali terjadi di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. BMKG mencatat gempa dengan magnitudo 2.9 terjadi Senin (7/6/2021) pukul 16:02:23 WIB, berlokasi di 6.91 LS - 106.44 BT atau 14 kilometer barat laut Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, atau di darat wilayah  Desa Gunung Tanjung Kecamatan Cisolok.

Data BMKG menyebut gempa ini memiliki kedalaman 11 kilometer. Dari kedalamannya gempa ini diduga dipicu oleh sesar aktif yang berada di wilayah tersebut. 

Kabid Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono menyebut sumber gempa ini belum teridentifikasi sebelumnya. "Jika melihat titik gempanya. berada di luar zona sesar pemicu gempa yang selama ini dikenal. Sumber atau pemicu gempa ini belum dikenali karena kedalamannya hanya 11 kilometer. Itu berasal dari sesar lokal aktif yang ada dikawasan itu," ungkapnya kepada sukabumiupdate.com melalui pesan singkat.

Titik koordinat gempa ini jika dibaca menggunakan aplikasi google maps, berada di wilayah Desa Gunung Tanjung Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi. Titiknya berada di kawasan hutan atau kebun yang berada di pinggir jalan Jambu Bodas - Gunung Tanjung.

photonfo Gempa Mag:2.9, 07-Jun-21 16:02:23 WIB, Lok:6.91 LS - 106.44 BT (14 km BaratLaut KAB-SUKABUMI-JABAR), Kedlmn: 11 Km - (BMKG)</span

Sejauh ini belum dilaporkan warga yang merasakan dan dampak gempa tersebut. Ini adalah gempa dangkal di darat ketiga yang terjadi di Kabupaten Sukabumi selama tiga hari terakhir.

"Kami belum menerima laporan ada warga yang merasakan gempa itu. Mungkin karena lemah dan berada di kedalaman 11 kilometer," jelas Andi Firmansyah, P2BK Cisolok kepada sukabumiupdate.com, lewat pesan singkat.

Baca Juga :

Dua hari sebelumnya, tanggal 5 Juni 2021, gempa dangkal yang berada di darat sempat membuat panik warga Kabupaten Sukabumi karena guncangan kuatnya. Bahkan rumah warga Cipurut dilaporkan retak-retak akibat gempa yang dipicu oleh sesar Cimandiri.

Dua gempa sebelumnya ini juga bermagnitudo dibawah 3. Namun kedalamannya di bawah 5 kilometer.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI