Sukabumi Update

Sejarah Gempa Sukabumi: 21 Tahun Lalu Merusak 8.254 Bangunan

SUKABUMIUPDATE.com - 12 Juli 2000 menjadi hari yang bersejarah bagi Sukabumi. Pasalnya, tepat pada hari itu terjadi gempa bumi dengan magnitudo 5,4 dan tercatat merusak lebih dari 8.254 bangunan atau rumah warga di 17 kecamatan di Kabupaten Sukabumi.

Informasi ini diunggah Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG, Daryono, di akun Instgram pribadinya pada Senin, 12 Juli 2021. "Gempa merusak Sukabumi 12 Juli 2000 megnitudo 5.4," kata dia.

Daryono pun merinci lokasi yang terdampak gempa bumi tersebut yang mengakibatkan lebih dari 8.254 mengalami kerusakan. Antara lain Nagrak, Cibadak, Cicurug, Kadudampit, Sukaraja, Cidahu, Cisaat, Cikidang, Parungkuda, Sukabumi, Parakansalak, Kabandungan, Kalapanunggal, Cikembar, Warungkiara, Nyalindung, dan Gegerbitung.

Melalui pesan WhatsApp, Daryono menyebut pemicu gempa saat itu adalah Sesar Cimandiri. "Sesar Cimandiri," singkat dia.

Unggahan Daryono ini mendapat komentar salah satu warganet yang mengaku gempa bumi saat itu dirasakan hingga wilayah Jakarta. "Terasa hingga Jakarta gempanya. Saya bekerja di lantai 20 saat itu," tulis akun @meutia.hmrs.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI