Sukabumi Update

Empat Pelajar Indonesia Raih Medali Olimpiade Biologi Internasional di Portugal

SUKABUMIUPDATE.com - Empat pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Indonesia sukses meraih medali dalam kompetisi International Biology Olympiad (IBO) 2021 yang berlangsung di Portugal pada 18-23 Juli 2021.

Dalam kompetisi yang berlangsung di Lisbon ini, pelajar Indonesia sukses membawa pulang satu medali perunggu, dua perak, dan satu emas.

Para pelajar berprestasi ini ialah Nathanael Tjandra, siswa kelas XI SMAK Calvin DKI Jakarta (medali emas); Leonard Hartanto Jososudarmo, siswa kelas XII SMAK Penabur Cirebon dan Farrel Alfaza Marsetyo, pelajar kelas XII MAN Insan Cendekia, Serpong (medali perak); serta Nathaniel Teopilus, siswa Kelas XI SMA Kristen Imanuel Pontianak (perunggu).

“Sungguh membanggakan! Semoga prestasi ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi #SobatPrestasi semua untuk berjuang berprestasi yaa!,” cuit akun Instagram Pusat Prestasi Nasional, 25 Juli 2021.

Akibat kondisi pandemi yang masih menyelimuti seluruh dunia, pelaksanaan Olimpiade Biologi Internasional ini memang tidak dilaksanakan secara tatap muka. Hal ini disampaikan oleh Coordinator of IBO 2021, José Matos, kepada seluruh peserta IBO 2021.

"Saya sangat sedih untuk memberitahu Anda bahwa sekali lagi tidak mungkin untuk menjadi tuan rumah IBO tatap muka, karena situasi pandemi yang telah diciptakan oleh virus SARS-CoV-2 di seluruh dunia" tulisnya di ibo-info.org yang dipublis pada Februari 2021 lalu. 

Olimpiade biologi ini tetap dilaksanakan meski secara daring. Pelaksanaan tes dibagi menjadi dua bagian yakni ujian teori dan ujian praktik serta teori campuran. Walaupun demikian pelaksanaan IBO 2021 secara ketat berdasarkan prinsip-prinsip Pedoman Operasional IBO.

SUMBER: TIKA AYU/TEMPO.CO

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI