Sukabumi Update

Selalu Dianggap Mistis, Berikut Penjelasan Gancet Bagi Dunia Medis

SUKABUMIUPDATE.com - Belum lama ini masyarakat dikejutkan kembali oleh istilah gancet, menyusul beredarnya sebuah video di media sosial yang menjadi viral. Seperti apa penjelasan dunia medis soal ini?.

Perlu diketahui, gancet merupakan sebuah fenomena sepasang pria dan wanita yang tengah berhubungan seksual sulit untuk dilepaskan atau saling menempel.

Baca Juga :

Istilah gancet tersebut kerap dihubungkan dengan hal mistis. Namun di dunia medis, gancet dikenal dengan istilah penis captivus yang merupakan keadaan ketika penis terjepit di dalam vagina.

Agar tidak menjadi tabu, inilah penjelasan secara medis mengenai fenomena gancet, seperti dilansir Sukabumiupdate.com dari berbagai sumber.

photoIlustrasi: dunia medis - (Freepik)</span

Pakar kesehatan seksual dr Ni Komang Yeni menjelaskan bahwa gancet terjadi akibat kejang otot di area vagina. Kondisi ini terjadi tanpa disadari yang kemungkinan besar karena ada gangguan saraf maupun pembuluh darah di tempat tersebut.

"Situasional, tidak selalu terjadi," kata dokter Yeni, melansir dari Suara.com, Kamis (16/9/2021). Menurutnya, faktor psikologis dapat menjadi penyebab gancet. 

Contohnya, kecemasan dan ketakutan bisa memicu kejang di sekitar vagina dan bisa memicu gancet. "Beberapa pasien harus dibius baru bisa kita lerai (dilepas)," jelasnya.

Dikutip dari Medical News Today, jurnal medis mengenai penis captivus sebenarnya masih sedikit. Sebagian berpendapat bahwa kondisi itu mungkin aman. Hanya saja menyebabkan ketidaknyamanan pada pasangan.

Editor : Toni Kamajaya

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI