Sukabumi Update

Gerhana Bulan Sebagian 19 November, Durasi Terlama Terjadi di Daerah Ini

SUKABUMIUPDATE.com - Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa (ORPA)—sebelumnya LAPAN—dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengumumkan adanya fenomena gerhana bulan sebagian pada 19 November 2021. Melalui akun Instagram resminya, dijelaskan bahwa gerhana bulan sebagian yang terjadi nanti tidak lebih lama daripada gerhana bulan total.

"Selama-lamanya durasi gerhana bulan sebagian, tetap masih lebih lama durasi gerhana bulan total,” ujar peneliti ORPA BRIN, Andi Pangerang, dalam akun Instagram @lapan_ri," Selasa, 16 November dikutip dari Tempo.

Gerhana bulan total yang durasinya bisa mencapai 5 jam 19 menit sejak kontak awal sebagian (saat Bulan tepat memasuki umbra Bumi) hingga kontak akhir sebagian (saat Bulan tepat meninggalkan umbra Bumi). Hal ini dikarenakan bulan berada di tengah-tengah umbra sehingga durasi gerhananya menjadi lebih lama.

photoPenampakan fenomena gerhana bulan total dari langit Makassar, Sulawesi Selatan, 31 Januari 2018. - (TEMPO/Iqbal Lubis)

Gerhana seperti itu disebut juga Total-Sentra. Indonesia, kata Andi, pernah mengalaminya pada 16 Juni 2011 silam dengan durasi total 100 menit, dan akan terjadi kembali pada 7 Juli 2047 dengan durasi parsial selama 5 jam 19 menit dan durasi total 101 menit.

Sementara, gerhana bulan sebagian adalah kondisi di mana sebagian permukaan Bulan tertutupi bayangan atau umbra Bumi. “Semakin Bulan menuju ke tengah atau pusat bayangan pada saat puncak gerhana, maka durasinya akan semakin lama,” kata dia.

Pada gerhana bulan sebagian kali ini, permukaan Bulan akan tertutupi oleh umbra Bumi sebesar 97,85 persen. Sehingga durasi gerhana dapat mencapai 3 jam 28 menit. Sayangnya di Indonesia hanya daerah Papua saja yang durasi gerhananya paling lama, yaitu 2 jam 20 menit sejak bulan terbit. "Sementara bagian barat Indonesia tidak dapat mengamati puncak gerhana bulan sebagian," tutur Andi.

Gerhana bulan sebagian terlama yang pernah dialami di Indonesia terjadi pada 15 September 1932 dengan durasi 3 jam 24 menit, dan 12 Mei 1892 dengan durasi 3 jam 26 menit. Indonesia akan mengalami kembali gerhana bulan sebagian terlama pada 14 Agustus 2231 dengan durasi 3 jam 27 menit, dan 17 Juli 2373 dengan durasi 3 jam 23 menit.

SUMBER: TEMPO

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI