Sukabumi Update

BMKG Sebut Terasa di Sukabumi, Gempa Dangkal Sesar Laut di Banten

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa bumi tektonik dirasakan di wilayah Sukabumi dan sekitarnya pada Kamis, 23 Desember 2021. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG menyatakan getaran tersebut terjadi pada pukul 13:33:59 WIB dengan kekuatan magnitudo 4.9 di wilayah Banten.

BMKG Wilayah II Tangerang dalam laporannya mengatakan episenter gempa terletak pada koordinat 7.02 Lintang Selatan dan 105.49 Bujur Timur, tepatnya berlokasi di laut dengan jarak 41 kilometer barat daya Sumur - Banten pada kedalaman sekira 15 kilometer. Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar dasar laut.

Dampak yang digambarkan peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Sumur, Pandeglang, Labuan, Muarabinuangeun, Bayah, Wanasalam, Malingping, Cimanyangray Gunung Kencana, dan Rangkasbitung, dengan Skala Intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

photoIlustrasi.- (Getty Images)

Baca Juga :

Kemudian, getaran juga dirasakan di Sukabumi, Palabuhanratu, Cipamingkis, Ujunggenteng, dan Panimbang, dengan Skala Intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Hingga pukul 14.03 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan. Masyarakat pun diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI