Sukabumi Update

Astronom Saksikan Supernova Bintang Raksasa Secara Langsung Pertama Kalinya

SUKABUMIUPDATE.com - Supernova dari bintang super raksasa untuk pertama kalinya disaksikan langsung oleh Astronom. Supernova tersebut merupakan ledakan dari bintang merah bernama SN 2020tlf.

Penelitian ini menandai momen besar bagi pemahaman Manusia tentang pergolakan kematian bintang, saat-saat dimana sebelum bintang meledak dahsyat.

Selain itu, peristiwa ini juga menunjukkan bahwa adanya kesalahan pada pemahaman sebagian besar para ahli tentang apa yang terjadi, sebelum bintang super raksasa meledak.

photo(Ilustrasi) Bintang merah super raksasa. - (via earthsky.org)

Sebelumnya, para ilmuwan menyebut bahwa bintang super raksasa merah tampak relatif tenang sebelum meledak.

Tetapi dalam pengamatan baru, tim ilmuwan melihat radiasi terang yang datang dari bintang. tampaknya, menunjukkan sesuatu yang lebih signifikan sedang terjadi di dalam bintang.

Menurut Wynn Jacobson-Galan, penulis utama studi tersebut, ini adalah terobosan dalam pemahaman tentang apa yang dilakukan bintang masif, beberapa saat sebelum mereka mati.

"Untuk pertama kalinya, kami menyaksikan bintang super raksasa merah meledak," ujarnya seperti dikutip dari suara.com.

Para peneliti pertama kali melihat bintang ini pada musim panas 2020, ketika sejumlah besar cahaya terlihat keluar darinya.

Pengamatan tersebut dilakukan oleh Hawaii Institute for Astronomy Pan-STARRS.

Tim kemudian terus mengamatinya hingga menyaksikan bintang meledak menggunakan teleskop dari Observatorium WM Keck dekat Maunakea, Hawaii.

Para astronom sekarang berharap dapat menggunakan penelitian untuk melihat lebih banyak bintang yang mengeluarkan radiasi bercahaya, dan mengamati apakah itu menandakan kematian bintang dalam waktu dekat.

Tim ilmuwan menambahkan bahwa mendeteksi lebih banyak peristiwa seperti SN 2020tlf, akan mempengaruhi cara umat manusia mendefinisikan fase-fase terakhir evolusi bintang.

Kemudian menyatukan pengamat serta ahli teori dalam upaya memecahkan misteri tentang bagaimana bintang masif menghabiskan saat-saat terakhirnya.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Aidil Fichri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI