Sukabumi Update

Gokil! China Kini Berencana Ciptakan Bulan Buatan

SUKABUMIUPDATE.com - Usai membuat Matahari buatan, China kini berencana ciptakan Bulan Buatan. China melalui ilmuwannya diketahui telah membangun fasilitas penelitian Bulan Buatan. Nantinya fasilitas ini akan digunakan ilmuwan untuk melakukan simulasi gravitasi rendah seperti Bulan.

Fasilitas itu dijadwalkan akan dirilis pada tahun ini serta akan menggunakan medan magnet yang kuat di dalam ruang vakum berdiameter 2 kaki (60 sentimeter) untuk membuat gravitasi berkurang.

Para ilmuwan terinspirasi oleh percobaan sebelumnya yang menggunakan magnet untuk katak melayang.

Baca Juga :

Melansir dari suara.com, Li Ruilin, seorang insinyur geoteknik di Universitas Pertambangan dan Teknologi China, mengatakan bahwa ruangan itu akan diisi dengan batu dan debu untuk meniru permukaan bulan.

photoBulan. - (IST)

Para ilmuwan berencana menggunakan fasilitas itu untuk menguji teknologi di lingkungan gravitasi rendah yang berkepanjangan, sebelum dikirim ke Bulan, di mana gravitasi hanya seperenam dari kekuatannya di Bumi.

Ini akan memungkinkan mereka untuk mengatasi masalah teknis yang mahal, serta menguji apakah struktur tertentu akan bertahan di permukaan Bulan dan menilai kelayakan pemukiman manusia di sana.

Menurut Li beberapa eksperimen akan dilakukan seperti mengukur seberapa banyak material akan berubah bentuk di bawah suhu dan tekanan konstan.

Menurut para peneliti, inspirasi untuk ruangan itu berasal dari Andre Geim, seorang fisikawan di Universitas Manchester di Inggris yang memenangkan hadiah nobel pada tahun 2000 karena merancang eksperimen yang membuat katak mengapung dengan magnet.

Trik levitasi yang digunakan oleh Geim dan sekarang di ruang "Bulan buatan" berasal dari efek yang disebut levitasi diamagnetik.

Atom terdiri dari inti atom dan elektron kecil yang mengorbitnya dalam putaran kecil arus; arus yang bergerak ini, pada gilirannya, menginduksi medan magnet kecil.

Biasanya, medan magnet yang diorientasikan secara acak dari semua atom dalam suatu objek, saling meniadakan, dan tidak ada magnetisme di seluruh material yang muncul.

Jika magnet luar cukup kuat, gaya tolak-menolak antara magnet dan medan atom akan tumbuh cukup kuat untuk mengatasi gravitasi dan mengangkat objek ke udara.

China juga telah menyatakan program ini dilakukan untuk penelitian stasiun Bulan di kutub selatan Bulan pada 2029.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Aidil Fichri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI