Sukabumi Update

Kenapa Lem Super Glue Tidak Mengeras Saat Masih Didalam Tabungnya?

SUKABUMIUPDATE.com - Super glue merupakan Lem dengan kemampuan merekatkan yang super cepat.

Karena kemampuannya, super glue bisa digunakan untuk menyambungkan atau memperbaiki barang-barang yang keras, seperti barang berbahan dasar dari kaca, kulit pada sepatu dan barang lainnya.

Baca Juga :

Ketika super glue dikeluarkan dari tabungnya, lem ini bisa langsung kering dan menempelkan barang yang akan kita perbaiki.

Sehingga penggunaan lem yang satu ini harus segera diarahkan pada barang yang akan diperbaiki.

Kenapa Lem Super Glue Mengeras saat dikeluarkan dari tabung?

Saat masih di dalam tabung, lem super glue tidak cepat mengeras dan bahkan masih bersifat cair, padahal jika dikeluarkan dari tabungnya ia langsung mengeras.

Fenomena tersebut dikarenakan bahan dasar dari super glue yang merupakan senyawa-senyawa sianoakrilat (cyanoacrylates) dan yang umumnya dipakai adalah metil-sianoakrilat.

Senyawa ini sangat reaktif terhadap air. Dengan keberadaan air, senyawa ini akan mengalami reaksi yang dinamakan polimerisasi.

Apa Itu Reaksi Polimerisasi?

photoReaksi Polimerisasi - (iStock)

Reaksi Polimerisasi, merupakan proses dimana molekul kecil yang dikenal sebagai monomer bergabung secara kimia untuk menghasilkan struktur molekul seperti rantai atau jaringan yang sangat besar yang disebut polimer.

Kandungan Apa yang Menyebabkan Super Glue Cepat Mengeras?photoKandungan yang ada dalam Lem - (iStock)

Ketika super glue dikeluarkan dari tabung, kandungan cyanoacrylates di dalamnya akan berinteraksi dengan air yang terdapat di udara atau pada permukaan sebuah benda.

Cyanoacrylates kemudian mengalami reaksi polimerisasi membentuk sebuah polimer yang memiliki sifat kaku dan keras. sehingga lem akan jadi keras ketika dikeluarkan dari tabung.

Di dalam tabung super glue sendiri kondisinya dibuat bebas uap air, karena itulah super glue tetap berada dalam keadaan cair.

Selama tabungnya tertutup rapat dan tidak ada uap air atau air yang masuk, super glue tidak akan pernah mengering atau mengeras.

Hal ini juga yang diperingatkan dalam tabung lem, jika sudah digunakan harap tutup kembali, untuk menghindari pengerasan pada lem dan agar lem tetap awet.

Demikian penjelasan ilmiah terkait lem Super glue yang menyebabkan ia bisa cepat mengering dan bisa digunakan untuk menyambungkan atau memperbaiki benda-benda yang keras.

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI