Sukabumi Update

Mengenal Tungau, Hewan Kecil yang Bisa Bikin Mr.P Bengkak

SUKABUMIUPDATE.com - Tungau merupakan hewan kecil yang sulit untuk dilihat. Hewan ini diketahui dapat menyebabkan gatal dan bengkak dari gigitannya.

Beberapa penampakkan memperlihatkan jika hewan yang dikenal Tongo oleh masyarakat Sunda ini berwarna merah. Oleh karenanya terdapat tatarucingan (tebak-tebakan dalam Bahasa Sunda) ‘budak leutik baju beureum’ yang mengacu pada Tungau.

photoTungau. - (via optimuspestcontrolfl.com)

Tungau merupakan hewan kecil yang memiliki delapan kaki. Meski berukuran kecil dan menyerang kulit manusia, nyatanya tungau bukanlah hewan sejenis kutu. Sehingga orang sering menganggap tungau sama dengan kutu.

Baca Juga :

Secara klasifikasi family dan genus, kutu dan tungau berbeda, bahkan tungau lebih dekat secara kekerabatan dengan laba-laba.

Tungau adalah salah satu hewan avertebrata atau tidak memiliki tulang belakang yang dapat beradaptasi dengan keadaan lingkungan apapun. 

Karena ukurannya yang sangat kecil, tungau jarang dijadikan mangsa hewan yang lebih besar. Hewan ini juga sangat mudah menyebar.

Tungau banyak tersebar dan hidup bebas di darat dan air. Beberapa jenis tungau ada yang hidup menumpang di tubuh hewan dan tumbuhan, bahkan menjadi menjadi parasit.

Diketahui beberapa jenis tungau menimbulkan kerusakan pada beberapa jenis komoditas pertanian seperti jeruk, daun singkong, cabai dan tomat.

Selain menyerang hewan dan tumbuhan, jenis lain Tungau ada yang menyerang manusia terutama bagian kulit dan bisa menimbulkan penyakit skabies. Selain itu, Tungau juga bisa membuat gatal dan bengkak Mr.P, terutama pada anak-anak.

Tungau yang menyerang Mr.P biasanya berasal dari tanah dan pasir. Ketika anak laki-laki aktif bermain terutama di tanah, biasanya kebersihan kurang diperhatikan. Akibatnya, Tungau menyerang.

Tidak hanya menyerang anak-anak, Tungau juga bisa menyerang pria Dewasa jika sering bersentuhan dengan lingkungan kotor dan kurang memperhatikan kebersihan. 

Makanan utama tungau adalah merah. Warna merah yang ada pada tongo merupakan warna dari darah yang dihisap. Ketika Tungau menggigit dan menghisap darah melalui kulit Mr.P maka akan muncul rasa gatal, bengkak dan rasa panas.

Oleh karenanya, jagalah kebersihan tempat tinggalmu agar tungau tidak menyerang kulit mu.

Editor : Aidil Fichri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI