Sukabumi Update

Bagaimana Proses Pembentukan Jagung menjadi Popcorn?

SUKABUMIUPDATE.com - Popcorn adalah salah satu cemilan yang wajib kita santap saat menikmati film di bioskop.

Popcorn sendiri merupakan cemilan berasal dari jagung dan diolah menjadi beraneka rasa, seperti karamel, keju, coklat dan lainnya.

Popcorn biasanya dibuat menggunakan Jagung yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Proses pengeringan biji Jagung ini menyisakan kadar air dalam tiap biji jagung berada sekira 13 -14%.

Baca Juga :

Lalu bagaimana proses pembentukan popcorn dari Jagung? Sebelum pada penjelasan, kita akan membahas bagian-bagian dari Kagung yang berpengaruh terhadap pembentukannya menjadi Popcorn.

A. Bagian-bagian Biji Jagung

photoIlustrasi Biji Jagung Kering - (Unsplash)

Secara umum, biji Jagung terbagi kedalam tiga bagian, diantaranya ada bagian luar, bagian dalam dan ada bagian yang lebih dalam lagi.

1. Bagian terluar  

Bagian luar atau bagian dinding buah atau juga disebut dengan pericarp memiliki fungsi sebagai berikut;

- Berfungsi untuk melindungi bagian dalam biji jagung.

- Bagian ini juga menjaga kadar air dalam biji agar tidak keluar.

- Bagian ini sangat kuat,

2. Bagian dalam

Bagian dalam atau disebut dengan Endosperm, memiliki fungsi sebagai berikut;

- Bagian ini adalah asal muasal bagian putih yang empuk pada popcorn.

- Di dalam endosperm terdapat pati atau Zat tepung (cadangan makanan pada biji).

- Selain itu, terdapat kandungan air sekira 13 hingga 14%.

 3. Bagian lebih dalam dari Endosperm

Ketiga adalah bagian yang lebih dalam dari endosperm atau disebut sebagai Embrio. Embrio ini, merupakan calon tumbuhan baru. Embrio juga ada bagian-bagiannya lagi.

B. Proses Popcorn terbentuk

Ketika biji-biji Jagung yang kering ini dimasak atau dipanaskan, kandungan air dalam endosperm tadi berubah menjadi uap air.

Di tahap awal, uap air ini tidak beraktifitas apapun didalam biji dikarenakan adanya pericarp yang kuat.

Namun, lama kelamaan uap-uap air ini membuat tekanan di dalam biji Jagung menjadi naik. Selain tekanannya naik, suhunya juga ikut naik.

Hal ini juga dikarenakan, Pericarp memiliki limit untuk menahan uap air dalam biji Jagung. Akhirnya pericarp bisa retak pada tekanan dan suhu tertentu dan bikin uap air di dalam endosperm lolos.

C. Alasan Popcorn berwarna putih dan empuk

photoIlustrasi Warna dan tekstur Popcorn - (Unsplash)

Dalam lapisan endosperm, terdapat kandungan pati alias zat tepung. Sebelum di panaskan, pati ini sangatlah keras seperti batu. Tapi Ketika di panaskan, pati ini dapat meleleh hingga teksturnya mirip seperti jeli.

Kemudian, pati yang leleh ini bercampur dan mengembang bersama uap-uap air tadi. Ketika bagian endosperm ini meleleh akhirnya keluar dari cangkang, di luar ada udara yang cenderung dingin dan membuat endosperm agak memadat lagi.

Apabila dilihat dari mikroskop, bentuk endosperm yang mengembang ini seperti Styrofoam yang membuat teksturnya empuk ketika dimakan.

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI