Sukabumi Update

NASA Akan Selidiki Debu Emas Asteroid Senilai 10 Ribu Kuadriliun Dolar AS

SUKABUMIUPDATE.com - NASA akan menyelidiki kandungan emas pada sebuah asteroid bernama 16 Psyche. Kandungan emas pada asteroid tersebut diperkirakan memiliki nilai lebih dari total ekonomi global.

NASA akan mulai melakukan penyelidikan secara langsung ke asteroid tersebut pada Agustus nanti. Misi tersebut akan menjadi kunjungan pertama NASA ke asteroid metalik.

photoNASA. - (Wikipedia)</span

Melansir suara.com, nilai kandungan emas pada 16 Psyche dispekulasikan bernilai 10.000 kuadriliun dolar AS.

Sebagai perbandingan, nilai logam mulia pada umumnya secara global bernilai sekitar 84,5 triliun dolar AS. Psyche bisa memiliki cukup emas untuk menjadikan kita semua miliarder.

Baca Juga :

Namun, misi NASA pada Agustus mendatang tidak berencana menambang emas Psyche tetapi ingin mempelajarinya.Para ilmuwan ingin mengetahui dengan tepat terbuat dari apa dan berapa nilainya.

Sejauh ini, Psyche telah dipelajari dari jauh oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble dan kebanyakan hal yang diketahui tentangnya hanyalah perkiraan.

Asteroid 16 Psyche terletak di antara orbit Mars dan Jupiter dan diklaim terbuat dari logam padat. Batu raksasa berbentuk kentang ini memiliki lebar sekitar 140 mil. Kecerahannya menunjukkan bahwa sebagian besar terdiri dari nikel, besi, atau emas. Diperkirakan misi penyelidikan NASA ini akan tiba di 16 Psyche pada 2026. 

Ia menganggap Psyche adalah asteroid yang selamat dari tabrakan keras antara planet-planet yang biasa terjadi ketika tata surya terbentuk. Itu berarti, bisa memberitahu kita bagaimana inti Bumi dan inti planet terestrial lainnya terbentuk.

NASA ingin menentukan komposisi yang tepat dan juga memeriksa kawah empat mil.Kawah ini diharapkan dapat mengajari kita cara membelokkan asteroid dari sisi ini dan mencegahnya menabrak Bumi. Pesawat ruang angkasa NASA juga harus memetakan asteroid dan mengetahui berapa umurnya.

Rencananya, NASA akan meluncurkan salah satu roket SpaceX Falcon Heavy milik Elon Musk musim panas ini. Pesawat ruang angkasa Psyche harus terbang melewati Mars pada Mei 2023 sebelum melanjutkan tiga tahun lagi ke luar angkasa untuk tujuan akhirnya.

Sumber: suara.com

Editor : Aidil Fichri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI