Sukabumi Update

Mengenal Ergonomi, Ilmu Tentang Desain Interaksi Manusia dengan Pekerjaan

SUKABUMIUPDATE.com - Ergonomi merupakan ilmu yang sangat penting diketahui terutama ketika akan melakukan perancangan sistem kerja.

Ergonomi berkaitan langsung dengan tingkat kenyamanan dan keamanan manusia dalam melaksanakan pekerjaannya. Ilmu ini juga mencakup ranah beban kerja, posisi kerja dan lingkungan kerja.

Tujuan utama dari ergonomi adalah menciptakan sistem kerja senyaman mungkin bagi manusia sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

photoErgonomi penting untuk kualitas dan produktivitas kerja. - (via cliniquego.com)

Untuk mengetahui lebih lanjut ergonomi, silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga :

Mengenal ergonomi

Ergonomi seperti kebanyakan cabang ilmu lain diserap dari kata bahasa Yunani yakni ‘ergos’ dan ‘nomos’. Ergos bermakna kerja, sedangkan nomos bermakna aturan. Maka ergonomi adalah ilmu yang berkaitan dengan aturan kerja.

Secara terminologi, ergonomi adalah interaksi antara manusia dengan sistem kerja sesuai dengan dengan kebutuhan, keterbatasan dan kemampuan manusia.

Tujuan utama dari ergonomi adalah menyesuaikan lingkungan kerja dengan kebutuhan manusia untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi rasa tidak nyaman saat bekerja. 

Ranah ergonomi

Ergonomi memiliki jangkauan yang cukup luas yang berkaitan dengan interaksi manusia dengan pekerjaannya meliputi fisik dan mental. berikut ini beberapa ranah yang menjadi cakupan ergonomi:

a. physical

physical sesuai namanya berhubungan dengan fisik manusia. di dalam ergonomi ada beberapa cabang ilmu yang khusus membahas fisik yakni antropometri, fisiologi dan biomekanika.

Antropometri berkaitan dengan ukuran fisik manusia seperti tinggi badan, panjang tangan, panjang kaki dan derajat ketegakkan tubuh.

Fisiologi berkaitan dengan fungsi organ dalam manusia seperti denyut jantung dan jumlah oksigen yang terhirup.

Biomekanika berkaitan dengan gerakan fisik seperti mengangkat barang, menahan beban, berjalan dan menggunakan alat.

Ketiga aspek diatas paling banyak diperhatikan karena akan disesuaikan dengan kondisi lingkungan kerja, kemampuan kerja dan tuntutan kerja.

Apabila sistem kerja disesuaikan dengan ketiga aspek diatas maka bisa meningkatkan produktivitas kerja dan memberikan pengalaman yang baik bagi pekerja.

Pada cakupan ergonomi ini hal yang sangat diperhatikan adalah gerakan berulang di tempat kerja, keamanan tempat kerja, kenyamanan dalam menggunakan alat serta lingkungan kerja yang nyaman.

b. cognitive

Cognitive merupakan cakupan ergonomi yang berkaitan dengan beban kerja secara mental dan tekanan pekerjaan.

Kedua hal tersebut dapat berpengaruh pada kesalahan pekerjaan, interaksi manusia dengan sesama pekerja dan mesin yang buruk dan pengambilan keputusan yang kurang tepat. 

c. organizational

Cakupan ergonomi ini berkaitan dengan sistem sociotechnical seperti struktur organisasi serta kebijakan. Hal ini berkaitan dengan komunikasi, desain jam kerja, kerja sama tim hingga manajemen sumber daya manusia.

Manfaat ergonomi

1. Meningkatkan produktivitas

Jika tempat kerja yang dimiliki semakin ergonomis, maka semakin nyaman pula tugas yang dikerjakan. Pekerjaan dapat dikerjakan dengan baik tanpa adanya tekanan secara fisik dan mental, serta menjadi lebih produktif.

2. Meningkatkan kualitas kerja

Karena sistem dan lingkungan kerja yang dibuat semakin ergonomis, maka manusia dapat mengerjakan tugasnya lebih efektif dan efisien dibanding sebelumnya. Pada akhirnya hasil kerja akan lebih berkualitas.

Manusia dapat mengerjakan tugas nya dengan rileks tanpa adanya rasa cemas dan khawatir takut salah.

Koleksi Video Lainnya:

Warga Pengguna Sungai Cikaso Sukabumi Protes Limbah Pabrik Aci

4 Pemain Timnas Paling Disorot, Ricky Kambuaya Hingga Pratama Arhan

Editor : Aidil Fichri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI