Sukabumi Update

Sirkulasi Siklonik, BMKG Ingatkan Kecepatan Angin di Selatan Jabar

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca di wilayah Indonesia untuk periode 6 hingga 7 Februari 2022. Dalam keterangannya, BMKG menyebut pusat tekanan rendah terpantau di perairan sebelah barat Australia.

Pusat tekanan rendah tersebut membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari perairan sebelah barat Sumatera Barat hingga Sumatera Selatan dan diperairan sebelah selatan Jawa Tengah. Sirkulasi siklonik juga terpantau di Samudera Hindia sebelah barat daya-selatan Banten.

photoIlustrasi. - (Pixabay)

Baca Juga :

Sirkulasi siklonik ini membentuk konvergensi memanjang di perairan sebelah barat daya Lampung. Kedua pola siklonik ini mampu menginduksi kecepatan angin di sekitarnya meningkat (low level jet) hingga mencapai lebih dari 25 knot yaitu di perairan sebelah barat Lampung hingga selatan Jawa Barat. 

Sirkulasi siklonik lainnya juga terpantau di utara Kalimantan Barat. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan peningkatan tinggi gelombang di sekitar pusat tekanan rendah/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi dan low level jet tersebut.

"Diimbau agar tetap waspada potensi cuaca ekstrem dan dampak hidrometeorologi," tulis BMKG.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI