Sukabumi Update

Apakah Minum Obat Dapat Membahayakan Kesehatan?

SUKABUMIUPDATE.com - Saat mendengar kata obat, mungkin hal pertama yang mungkin terlintas dalam benak kita adalah pahit atau tidak enak. Meski demikian, kita tetap meminum obat agar dapat membantu menyembuhkan penyakit dan demi kesehatan tubuh kita.

Tapi, pernahkah kita membayangkan bahwa minum obat ternyata juga dapat berbahaya bagi kesehatan kita? Jika ditanya apakah minum obat baik bagi kita ?

Dilansir dari @kokbisa, hal tersebut bisa saja iya bisa juga tidak. Namun kenapa bisa demikian?

Pada dasarnya semua jenis obat yang pernah kita konsumsi merupakan zat kimia mulai dari ramuan dan jejamuan yang berbahan herbal hingga pil, kapsul maupun serum buatan pabrik.

photoIlustrasi Obat obatan bagi Kesehatan Tubuh - (Unsplash)

Di satu sisi zat-zat kimia dalam obat-obatan ini memiliki fungsi medis untuk menyembuhkan penyakit Tapi disisi lain zat-zat ini juga dapat menimbulkan efek samping yang biasanya bersifat buruk.

Salah satu Contoh kasus, saat kita cacingan, tentu kita akan minum obat-obat yang disebut sebagai Anti-Helmentic. Obat-obat ini mengandung zat yang dapat membunuh cacing dan membuat perut kita merasa lega.

Tapi, obat-obat ini juga punya efek samping seperti mual dan diare yang justru membuat perut kita terasa sakit.

Hal ini lah salah satu alasan, setiap obat wajib mencantumkan aturan pemakaian mulai dari zat aktif, kandung, kegunaan, efek samping, peringatan, serta dosis minum.

Beberapa obat hanya dapat diminum setengah dosis untuk anak-anak, ada yang hanya dikonsumsi dua kali sehari, ada yang boleh diminum setelah makan dan lainnya.

Baca Juga :

Akan tetapi, pada Intinya setiap orang memiliki kebutuhan obat yang berbeda-beda Tergantung jenis dan seberapa parah sakit yang diderita serta faktor-faktor lain seperti umur, alergi dan sebagainya.

Selain faktor diatas, obat harus diminum sesuai dengan aturan, jika diminum sembarangan obat akan menjadi sumber penyakit untuk tubuh kita. Berbeda jika obat diminum sesuai aturan.

Maka dari itu, sekarang kita tahu bagaimana meminum obat dengan baik dan benar. Bagaimanapun mencegah pasti lebih baik daripada mengobati Jadi sebelum sakit selalu jaga kesehatan dengan banyak minum air putih, tidur cukup, dan makan makanan yang enak dan bergizi.

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI