Sukabumi Update

Berwajah Buaya! Ilmuwan Temukan Saudara Dinosaurus Berusia 125 Juta Tahun

SUKABUMIUPDATE.com - Ahli paleontologi baru saja menemukan dinosaurus baru yang disebut juga sebagai saudara Spinosaurus namun kali ini berwajah mirip buaya.

Dikutip dari Suara.com, Dinosaurus Spinosaurus hidup lebih dari 125 juta tahun yang lalu dan memiliki tengkorak yang menyerupai buaya serta punggung berduri.

Para ilmuwan di Cabo Espichel, Portugal, menemukan tulang dan gigi pada 2020 dari dinosaurus Iberospinus natarioi, yang disebut hidup pada periode Kapur Awal.

photoIlustrasi Fosil tengkorak yang ditemukan di Greenland diidentifikasi sebagai Genus, dinosaurus berleher panjang. - (Tangkapan layar YouTube/SciTech Daily)

Sisa-sisa kerangka ornithopods, kura-kura, pterosaurus, dan ikan juga ditemukan di lokasi yang sama.

"Terlepas dari sifat fragmentaris kerangkanya, ini adalah salah satu spesimen spinosaurid paling lengkap di dunia," kata Octavio Mateus, ahli paleontologi dan biologi di Universidade NOVA de Lisboa, seperti dikutip dari CNET pada Kamis, 17 Februari 2022.

Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One, dinosaurus spinosaurid tertua yang dikonfirmasi telah dilacak kembali ke Eropa Barat dan Asia Tenggara.

Baca Juga :

Makhluk raksasa itu kemudian muncul di Asia Tenggara, Afrika, dan Amerika Selatan.

Menurut para ahli, sejarah evolusi dinosaurus ini lebih sulit dilacak daripada dinosaurus lain.

Kurangnya sisa-sisa spinosaurid sebagian karena lingkungan hidup yang berada di perairan.

Hal ini membuat penemuan terbaru menjadi penting karena mengandung begitu banyak kerangka.

Termasuk gigi, fragmen dentary, skapula kanan parsial, lengkungan saraf punggung, vertebra dorsal, vertebra, fragmen tulang rusuk, hingga tulang tumit.

Sumber: Suara.com 

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI