Sukabumi Update

Kenapa Suara Orang Beda-Beda?

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap orang memiliki suara yang berbeda, ada yang jika bernyanyi memiliki nada tinggi, ada juga yang suaranya nge-bass.

Tapi tak hanya tinggi rendah, setiap orang juga mempunyai karakter suara yang unik. Lalu mungkin kita penasaran. Kenapa suara orang itu bisa beda-beda?

A . Pita Suara

photoIlustrasi Pita Suara - (iStock)

Sebelumnya, kita mesti paham dulu suara itu muncul karena adanya udara yang dipompa oleh paru-paru yang kemudian menggetarkan pita suara biar bunyi sampai dan akhirnya dibentuk a-i-u-e-o-nya melalui mulut.

Nah, perbedaan suara sendiri, baik itu tinggi maupun rendahnya hingga karakter tebal tipisnya muncul karena bentuk dan ukuran masing-masing pita suara kita juga berbeda.

Tapi, apa itu sebenarnya pita suara? Dan bagaimana cara kerjanya?

Baca Juga :

Dikutip dari Kanal @KokBisa, meski namanya pita tapi organ tubuh satu ini lebih mirip dengan lapisan otot elastis yang adanya di bagian kotak suara kita. Lapisan inilah yang bergetar tiap kali kita teriak mengeluarkan suara.

Setiap orang memiliki kotak dan pita suara yang unik dari tebal, panjang dan bentuknya. Jika kamu bingung kenapa suara cowok itu lebih rendah daripada cewek? jika diilustrasikan sebuah senar gitar yang semakin tebal senarnya, semakin rendah dan berat juga suaranya.

B. Bagaimana jika suara hilang?

Ada kalanya suara kita menghilang, hal tersebut dikarenakan Laryngitis sedang membengkak.

Pembengkakan tersebut terjadi saat kita sedangpilek, iritasi, radang, atau bahkan kecapekan maka pita suara bakal membengkak dan akibatnya suara kita jadi melemah dan serak. Dengan istirahat yang cukup, pita suara bakal kembali normal seperti sedia kala.

Pada akhirnya, suara itu penting dijaga agar suara kita itu awet hingga tua dengan cara minum air yang cukup, jangan teriak-teriak, kurangi makan pedas dan hindari merokok.

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI