Sukabumi Update

Ini Pemicu Cuaca Ekstrem di Selatan Jawa Barat

SUKABUMIUPDATE.com - Prospek cuaca di Pulau Jawa ini ditandai oleh adanya Sirkulasi Siklonik yang terpantau berada di Samudera Hindia Selatan Jawa tengah membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin yang disebut konvensi atau konfluensi memanjang dari Banten, Jawa Barat hingga Jawa Timur.

photoIlustrasi Hujan - (Unplash.com)</span

Kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut.

Baca Juga :

Sistem Sirkulasi Siklonik ini dapat memberikan dampak seperti:

  • Potensi Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir di wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan JAwa Timur.
  • Potensi gelombang kategori tinggi (2,5 - 4,0 m) di perairan Laut Selatan Banten, Laut Selatan Jawa Barat, Laut Selatan Yogyakarta dan Laut Selatan Jawa Timur.

Himbauan: 

  • Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (hujan lebat disertai kilat atau petir dan diikuti angin kencang, dll) dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin. 
  • Mohon bantuan kepada BPBD/Pihak Terkait dapat meminta kepada masyarakat untuk menghindari daerah rawan bencana hidrometeorologi seperti bantaran sungai, tubuh air atau wilayah rawan banjir, serta lereng yang rawan longsor.
  • Wisatawan atau Nelayan agar memperhatikan saran keselamatan saat berada di kawasan pantai atau saat beraktivitas di laut yang berpotensi terjadi gelombang tinggi.

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI