Sukabumi Update

Kenapa Hidung Kita Bisa Hafal Macam Bau?

SUKABUMIUPDATE.com - Mungkin kita jarang menyadari banyak hal yang membuat kita ingat sesuatu saat Hidung kita  mencium bau, misalnya bau makanan, bunga di taman atau bau badan seseorang yang tidak suka mandi.

Lantas kenapa bisa Hidung kita dapat mengingat banyak sekali bau sesuatu? Apakah Hidung kita memiliki sebuah ingatan?

Proses Penciuman BauphotoIlustrasi Proses Penciuman Bau dari Hidung ke otak - (iStock)

Dikutip dari @Kokbisa,hal ini dikarenakan jalur informasi yang diterima oleh hidung melewati tempat dimana otak menyimpan ingatan jangka panjang (Amygdala, Thalamus dan Neocortex) Jadinya otak kita sering menyambungkan bau sesuatu dengan masa lalu kita mau itu baik ataupun buruk.

Menurut informasi, Manusia ternyata dapat membedakan satu 1 triliun jenis bau yang berbeda. Fakta lainnya, kemampuan itu menjadi salah satu kemampuan untuk bertahan hidup paling primitif yang kita punya. 

Kenapa ini berguna? 

Kemampuan ini jelas berguna sebagai tanda atau alarm tubuh terhadap sesuatu ancaman dari luar tubuh kita. 

Sebagai contoh kasus, bayangkan jika misal tiba-tiba ada sebuah kebakaran. Nah si Hidung bisa mencium bau asap dan mengirim sinyal ke otak kita agar tahu kalau ada sesuatu yang kebakar sebelum ngerasa panas atau bahkan kena apinya.

Contoh lain misal jika ada makanan basi, hidung juga akan memberi tahu jika makanan itu sudah busuk sebelum kita makan yang membuat kita bisa selamat dari keracunan.

Berbicara terkait makanan, jika tanpa indera penciuman makanan itu juga akan terasa hambar. Bagaimana ceritanya?

Hidung kita ternyata juga berteman baik dengan lidah, setiap rasa sedap yang kita rasakan itu terjadi karena rongga hidung kita dipenuhi oleh partikel-partikel bau aroma. Dari si makanan itulah kenapa jika tidak punya indera penciuman semua makanan akan terasa hambar bagai sayur tanpa garam.

Baca Juga :

Karena yang kita rasakan hanya lima dasar rasa diantaranya, Asam, Manis, Asin, Pahit dan Umami.

Waktu pilek kita, mungkin sebagian orang akan merasa hilang nafsu makan Karena saluran penciumannya juga sedang terkena gangguan

Sekarang kita tahu jika kedua lubang hidung kita ada gunanya, Indera ini sudah membantu kita untuk mengingat masa lalu, menikmati makanan sampai menjadi lampu kuning jika sedang ada dalam bahaya.

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI