Sukabumi Update

Apakah Membunyikan Tangan Bahaya?

SUKABUMIUPDATE.com -Setelah bekerja dan beraktivitas tentunya membuat seluruh badan kita pegal sampai akhirnya membunyikan jari-jari tangan dan rasanya begitu lega.

Tapi karena bunyinya kadang-kadang menyeramkan, kita mungkin penasaran apakah pletekin jari tangan itu bisa bikin tulang kita keropos?

Dikutip dari @Kokbisa, ternyata pletekin jari tangan aman-aman saja. Hal ini sudah pernah dibuktikan oleh seorang peneliti hebat Dr. Donald Unger yang selama 60 tahun membuat penelitian dengan bunyikan jari tangan sebelah kanan dan tidak pernah bunyikan yang sebelah kiri. Hasilnya, dua  tangannya masih berfungsi dan tidak ada gangguan apa-apa.

Kenapa Bisa Bunyi?

photoCairan Synovial Fluid yang gunanya mirip pelumas - (Tangkapan Layar)

Apa benar tidak ada efek apa-apa walaupun bunyi? singkatnya, sendi-sendi kita dilapisi cairan bernama Synovial Fluid yang gunanya mirip dengan pelumas di rantai sepeda, biar sendi kita licin dan bisa bergerak.

pada saat kita bunyikan jari, sekumpulan gelembung gas yang ada didalamnya menjadi gelembung besar dan kemudian pecah sampai akhirnya *cekrek* tangan kita pun jadi bersuara.

Baca Juga :

Gas-gas inilah yang akhirnya melebur dan butuh waktu sekitar 20-25 menit untuk bisa bunyikan tangan kita lagi.

Bagi kita yang ketagihan bunyiin tangan, mungkin kita sudah bisa sedikit bernafas lega karena resiko berbahaya nyaris tidak ada.

Penyakit tulang keropos atau mungkin peradangan tulang sendi ini ternyata tidak ada hubungannya sama sekali dengan bunyikan jari.

Tapi jika ketagihannya sudah berlebihan mungkin sudah bisa mulai dikurangi karena ada juga sebuah penelitian yang bilang akan ada efek kecil yang mungkin kita bisa rasakan. 

Seperti misalnya, kurangnya kekuatan pada genggaman jari tangan.

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI