Sukabumi Update

Kenapa Manusia Bisa Cegukan?

SUKABUMIUPDATE.com - Cegukan merupakan salah satu hal misterius yang terjadi pada manusia dan tentunya sangat mengganggu bukan?

Apakah terlintas dalam pikiran kamu, mengapa manusia bisa mengalami Cegukan? lantas apa yang dimaksud dengan cegukan?

Pengertian CegukanphotoIlustrasi Terjadinya Cegukan - (Pinterest)<

Dalam dunia medis, cegukan lebih sering disebut sebagai Singultus, di dunia ini pula sudah banyak sekali pendapat yang menjelaskan terkait alasan mengapa cegukan bisa terjadi.

Menurut kacamata fisiologis, cegukan ini dapat terjadi dikarenakan adanya kontraksi yang sangat kuat pada Diafragma dan otot pernapasan seperti otot leher dan otot Interkostal.

Saat kontraksi ini terjadi, lidah bagian belakang naik ke atas langit mulut lalu Otot Vokal atau Glotis dalam tenggorokan kita ini juga ikut berkontraksi, hingga akhirnya menimbulkan suara seperti kita sedang tersedak oleh cilok.

Dikutip dari @Kokbisa, pendapat lain mengatakan jika fenomena cegukan ini diwariskan oleh leluhur kita pada jutaan tahun yang lalu. Menurut pandangan ini, manusia ini berasal dari makhluk amfibi yang dapat  hidup di darat dan di air.  Kemudian makhluk ini beradaptasi menjadi makhluk yang hanya dapat hidup di daratan saja.

Baca Juga :

Tetapi meskipun sudah di daratan, tubuh manusia masih belum mampu untuk menhirup udara sepenuhnya hingga masuk ke paru-paru. Karena itulah tubuh manusia mengembangkan mekanisme cegukan ini untuk memudahkan udara masuk ke dalam paru-paru dan mekanisme tersebut masih tersisa hingga saat ini.

Ada pendapat lain juga yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Leluhur kita berpendapat bahwa cegukan itu terjadi karena roh kita berusaha keluar dari tubuh kita. Oleh karenanya, menurut leluhur kita, saat Cegukan kita harus menutup mulut agar roh tetap berada dalam tubuh kita.

Cegukan sendiri dapat ditangani dengan berbagai cara, Seperti dengan menahan napas selama sepuluh detik, meminum air, mengonsumsi madu atau gula. 

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI