Sukabumi Update

Apakah Bahasa Diciptakan atau Muncul Sendiri?

SUKABUMIUPDATE.com -  Baik di sekolah maupaun dalam kehidupan sehari-hari kita akan mudah mengerti segala sesuatu dengan berkomunikasi menggunakan bahasa.

Lantas bagaimana dengan bahasa yang kita gunakan berbicara saat ini, banyaknya aturan berbahasa yang susah diingat dan tidak jarangn memang rumit digunakan.

Apakah Bahasa diciptakan atau muncul sendiri?

photoIlustrasi Belajar Bahasa Jepang - (iStock)

Dilansir dari @Kokbisam ternyata bahasa itu dibuat sama seperti halnya matematika, bahasa itu ada rumusnya yang membuat sebuah kalimat jadi bisa dimengerti seperti aturan SPOK (Subjek, predikat, objek dan keterangan), tanpa struktur ini bahasa jadi ambigu dan kita tidak bisa saling berkomunikasi.

Jika benar diciptakan, Siapa Pencipta Bahasa?

Selain William Shakespeare  yang suka membuat kata baru di tulisan-tulisannya, pencipta bahasa di dunia ini adalah “semua orang”.

Singkatnya, ibarat revolusi bahasa itu terbentuk dari ribuan tahun yang mengalami perubahan dan adaptasi.

Zaman dulu saat Manusia masih menjelajah bumi, suku-suku sering berpisah untuk menentukan tempat tinggal baru. Lalu karena mereka sudah tak saling berkomunikasi, seiring waktu bahasa mereka sudah mulai berubah dan lama-kelamaan dialek aksen dan bahasa baru mulai terbentuk.

Apakah zaman dulu ada satu bahasa yang jadi Sumber segala bahasa?

Sayangnya hal demikian masih tidak diketahui apakah ada bahasa universal. Namun jika kita lacak kebelakang dan menemukan peninggalan nenek moyang, kita bisa melihat bahasa-bahasa yang saudaraan.

Contohnya bahasa Indonesia yang sama seperti bahasa-bahasa negara tetangga (Malaysia). Atau bahasa Inggris yang punya akar sama dengan bahasa-bahasa Eropa lainnya.

Bagaimana bahasa itu sendiri bisa diciptakan dari nol?

Salah satu contoh kasus kita akan ambil negara bernama Nikaragua. Di Tahun 70-80an bermula pada anak-anak tuna rungu di sana yang hidupnya sangat tertutup. Disana belum ada sekolah khusus untuk mereka.

Nah, di rumah setiap anak ini memiliki bahasa isyarat masing-masing yang digunakan untuk berbicara dengan keluarganya

Tapi saat anak-anak ini sudah pada sekolah, sedihnya bahasa isyarat yang mereka gunakan sebelumnya berbeda-beda. Akibatnya mereka tidak ada yang bisa ngobrol satu sama lain.

Baca Juga :

Akhirnya dalam beberapa tahun itu, murid-murid yang tuna rungu ini menciptakan bahasa mereka sendiri.

Contoh kasus diatas merupakan salah satu gambaran proses yang menjadi awal lahirnya bahasa di dunia Selama ratusan ribu tahun.

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI