Sukabumi Update

Seberapa Besar Ikan Mas Bisa Tumbuh, Apakah yang di Sukabumi Jadi yang Terbesar?

SUKABUMIUPDATE.com - Penemuan ikan mas jumbo oleh seorang pemancing di Sukabumi menjadi perbincangan hangat warganet. Belumdiketahui berapa berat dari ikan mas tersebut.

Lalu apakah ukuran tersebut merupakan ukuran ikan mas terbesar yang pernah ditemukan? Dan seberapa besar ikan mas mampu tumbuh di alam bebas?

Sebelum mengetahui jawabannya, sebaiknya kita cari tahu dulu apa itu ikan mas.

Ikan mas yang memiliki nama latin Cyprinus carpio merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis penting dan sudah tersebar luas di Indonesia.

Di Indonesia sendiri ikan ini diketahui mulai dipelihara sekitar tahun 1920-an. Ikan mas yang saat ini tersebar di Indonesia diyakini merupakan ikan mas yang dibawa dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang.

Baca Juga :

Dalam perkembangannya, sampai saat ini sudah ada sepuluh jenis ikan mas yang dapat diidentifikasi berdasarkan karakteristik morfologisnya.

Kesepuluh ikan mas tersebut antara lain ikan mas Punten, Sinyonya, Taiwan, Merah, Majalaya, Yamato, Lokal, Kumpay, Kancra Domas, Kaca, Fancy dan Koi.

photo(Ilustrasi) Ikan Mas - (Pixabay smdelacolina)</span

Menurut laman National Geographic Indonesia, saat ikan mas dilepaskan ke alam bebas, ikan ini akan menjadi spesies yang invasif dan mampu bersaing dengan ikan-ikan di habitat tersebut.

Prosanta Chakrabarty, kurator iktiologi, studi tentang ikan, di Louisana State University, Ikan mas tidak memiliki menu makan khusus, oleh sebab itu ikan ini dapat menemukan banyak makanan di perairan baru yang menjadi habitat baru mereka. Hal ini menjadi salah satu penyebab ikan mas dapat memiliki ukuran yang sangat besar.

“Ikan mas, karena mereka adalah pemakan segala, benar-benar dapat merusak banyak spesies asli yang terbatas pada makanan tertentu, dan penduduk asli mungkin sebelumnya tidak pernah menemukan parasit dan penyakit yang dibawa ikan mas ke suatu lingkungan,” tutur Chakrabarty seperti dikutip dari National Geographic Indonesia.

Chakrabarty juga mengatakan jika ikan mas dapat tumbuh hingga lebih dari satu kaki (30,48 cm) dan berat ikan dapat melampaui tiga pon dalam beberapa kasus.

Bahkan dalam laman National Geographic Indonesia disebutkan jika ikan mas dapat tumbuh hingga mencapai panjang 23 inci (58,42 cm) jika dilepaskan ke kolam besar.

Selain itu, ikan ini juga dapat hidup rata-rata hingga 10 sampai 20 tahun. Sedangkan pada beberapa kasus ada yang mampu hidup hingga 30 tahun.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI