Sukabumi Update

Bentol: Digaruk atau Tidak?

SUKABUMIUPDATE.com - Naluri kita saat melihat Bentol di salah satu bagian tubuh kita pasti ingin sekali menggaruknya. 

Namun ada juga yang menyatakan jika menggaruk kulit yang sedang bentol ini tidak baik. 

Digaruk atau tidak?photoIlustrasi Penyebab gatal bentol - (Tangkapan Layar YouTube)

Seperti dikutip dari @Kokbisa, ternyata bentol di kulit ini sebaiknya tidak digaruk apalagi kalau menggariknya itu brutal, bisa-bisa malah jadi luka dan infeksi terhadap kulit kita.

Gatal dari bentol ini sebenarnya bulan berasal dari luka maupun sengatan nyamuk atau dari air liurnya melainkan respon tubuh manusia sendiri.

Penyebabnya sendiri adalah sistem imun Sel Mastosit ( antigen dan Histamin, Histamin adalah penyebab rasa gatal,red) yang merespon air liur si nyamuk dengan menghasilkan zat Histamin atau zat pembawa gatal.

Baca Juga :

Lantas kenapa menggaruk bisa terasa nikmat?

Diantara kita pasti masih ada yang menggaruk hingga membentuk X saat ada bentol pada kulit.

Menggaruk bentol bisa terasa nikmat dikarenakan menghasilkan sensasi rasa sakit, signal sakit ini kemudian diterima oleh otak kita dan sesaat rasa sakit tersebut menutupi rasa gatal.

Selain itu, faktor lainnya adalah pada zaman nenek moyang kita, respon garuk merupakan kegiatan yang membantu ngegusah benda asing yang membuat kita gatal kulit.

Dan dua hal diatas yang dimulai garuk bentol kadang-kadang menjadi kenikmatan duniawi tersendiri. Seperti yang dikatakan oleh George Bishop dalam Journal of Investigative Dermatology

Di kondisi lain, kekerasan akan menyebabkan rasa sakit, Tapi saat gatal menggaruk dengan kasar justeru bisa menjadi kenikmatan yang indah”

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI