Sukabumi Update

Apakah Minum Air Dingin bikin Gendut?

SUKABUMIUPDATE.com - Mungkin sebagian dari kita masih ada yang bilang jika seharusnya tidak minum air dingin jika tidak ingin memiliki badan gendut.

Secara umum orang beranggapan jika air dingin itu menyebabkan badan kita menjadi gendut. Namun apakah hal itu mitos belaka ataukah sebuah fakta?

Sistem HomeostasisphotoSistem Homeostasis - (iStock)

Mengutip dari Kanal YouTube @Neuron, Tubuh manusia bekerja dengan sistem Homeostasis yang membantu tubuh kita selalu menjaga keadaannya dalam kondisi tertentu seperti suhu tubuh pada sekira 36.5 derajat hingga 37.5 derajat celcius

Hal inilah yang merespon tubuh saat kita menggigil pada lingkungan dingin dan berkeringat pada saat panas.

Saat air dingin masuk ke dalam tubuh lama-kelamaan suhu air itu akan naik mengikuti suhu tubuh. Dengan demikian, air dingin tidak akan membuat kita gendut karena tidak semudah itu mengubah suhu tubuh kita.

Lemak dalam tubuh pun tidak akan beku hanya karena kita minum air dingin seperti yang orang percaya pada umumnya.

Baca Juga :

Disisi lain, Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menyatakan bahwa minum air dingin dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain itu, air itu mengandung nol kalori sehingga seberapa banyak pun air yang kita konsumsi tidak akan membuat berat badan naik.

Bahkan Pakar kebugaran pun banyak yang menyarankan untuk meminum air dingin di pagi hari untuk meningkatkan metabolisme dan membakar kalori lebih banyak.

Meskipun demikian, saat mencerna makanan temperatur yang dingin membuat pencernaan berlangsung lebih lama. Hal inilah yang menjadikan makanan tinggal lebih lama di dalam usus yang kemudian terfermentasi oleh bakteri normal yang ada di sana dan menyebabkan masalah kesehatan seperti kembung, sendawa dan sakit perut.

Penting untuk diketahui bahwa satu gelas air dingin tidak akan menaikkan berat badan. Tetapi konsumsi minuman dingin dalam jangka panjang akan memperlambat pencernaan makanan dan mengganggu metabolisme dan mengakibatkan terjadi konstipasi dan perut buncit.

Sekali-kali minum air dingin tidak akan berdampak buruk pada kesehatan justru membantu membakar kalori. Namun jika air dingin dikonsumsi dalam jangka panjang risiko gangguan pencernaan seperti konstipasi dan kembung dapat terjadi.

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI