Sukabumi Update

Imut! Kura-kura Albino Mungil Ini Ditemukan di India

SUKABUMIUPDATE.com - Seekor kura-kura Albino atau kondisi albinisme ditemukan disekitar Danau di India selatan.

Hewan sangat langka ini memiliki cangkang yang sangat pucat serta warna mata merah muda.

Melansir suara.com, dilaporkan dalam jurnal Reptiles & Amphibians, kura-kura jantan ini pertama kali ditemukan oleh fotografer satwa liar Manoj Kumar Vittapu dan Shravan Kumar Poshetty pada Agustus 2021 di dekat kolam air tawar di bagian hutan Sirinepally, Distrik Nizamabad, Telangana.photoPotret Kura-kura Albino di India - (Via Suara.com)

Meski hanya berukuran 4 cm kali 3 cm, kura-kura tersebut menarik perhatian karena kekurangan pigmen. Kedua fotografer tersebut memberikan foto kura-kura itu kepada Buddi Laxmi Narayana, seorang kurator di Taman Zoologi Nehru dan menegaskan bahwa itu adalah contoh langka bagi kura-kura India albino.

Albinisme adalah mutasi genetik langka yang menyebabkan kulit, rambut, atau mata tidak memiliki pigmen.

Dilansir dari IFL Science pada Senin (4/4/2022), individu dengan kondisi bawaan seperti ini memiliki varian gen resesif yang secara efektif "mematikan" produksi pigmen melanin, zat yang memberi warna pada kulit, mata, dan rambut.

Berkurangnya jumlah melanin juga dapat menyebabkan masalah penglihatan.

Baca Juga :

Kura-kura flapshell India (Lissemys punctata) dapat ditemukan di sungai dan danau di beberapa wilayah Pakistan, India, Sri Lanka, Nepal, Bangladesh, dan Myanmar.

Meskipun keberadaan kura-kura flapshell albino telah dilaporkan sebelumnya, ini adalah yang pertama dari jenisnya yang ditemukan di Telangana.

Sayangnya, penampilan kura-kura yang menonjol cenderung menghambat peluangnya untuk bertahan hidup di alam liar.

Tidak hanya dapat menyebabkan masalah kesehatan, tetapi satwa itu juga akan mudah terlihat oleh pemangsa karena kurang memiliki kemampuan kamuflase.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI