Sukabumi Update

Buku Catatan Charles Darwin Ditemukan Usai Hilang 2 Dekade Lebih

SUKABUMIUPDATE.com - Buku Catatan milik salah satu Ilmuwan terkemuka Charles Darwin kini sudah ditemukan kembali setelah menghilang misterius selama dua dekalu lebih.

Sebelumnya, Buku catatan tersebut disimpan dalam arsip perpustakaan Universitas Cambridge di Inggris.

photoBuku Catatan Charles Darwin Ditemukan - (Via Suara.com)

Melansir dari suara.com, Buku catatan tersebut dikenal sebagai buku catatan Pohon Kehidupan (Tree of Life) dan dikembalikan oleh orang yang tidak disebutkan namanya pada Maret 2022.

Buku tersebut dibungkus dengan plastik dan diletakkan di dalam tas hadiah berwarna merah muda.

Buku catatan tersebut mendapatkan julukannya dari sketsa gambar tangan yang dibuat Darwin pada 1837 tentang konsep Pohon Kehidupannya, yang menunjukkan pohon bercabang sebagai metafora untuk gagasannya seputar evolusi.

"Buku catatan itu mungkin kecil, hanya seukuran kartu pos, tetapi dampak yang diberikan mempengaruhi dunia sains dan penting bagi koleksi kelas dunia di sini," kata Jessica Gardner, pustakawan di perpustakan Universitas Cambridge, dikutip dari CNET, Kamis (7/4/2022).

Buku tersebut dikembalikan dalam kondisi baik dengan sebuah pesan terlampir yang berbunyi, "Pustakawan, selamat paskah. X."

Kepemilikan buku catatan itu mengalami masalah setelah dipindahkan dari ruang aman pada 2000 sehingga bisa diabadikan dalam difoto.

photoBuku Catatan Charles Darwin Ditemukan - (Via Suara.com)

Ketika proyek fotografi selesai, pemeriksaan rutin yang dilakukan pada 2001 melaporkan bahwa buku catatan tersebut tidak ada di tempatnya.

Pada awalnya, para pustakawan mengira buku catatan itu hanya terselip atau salah tempat penyimpanan.

Namun, pencarian yang dilakukan selama bertahun-tahun memberikan hasil nihil.

Hingga pencarian pada 2020 secara menyeluruh ke 189 kotak di Arsip Darwin menyimpulkan bahwa buku catatan tersebut dinyatakan hilang karena dicuri.

Perpustakaan mengeluarkan seruan publik untuk mengembalikan buku catatan yang hilang dan tampaknya sekarang telah membuahkan hasil.

Polisi Cambridgeshire menganggap penyelidikan masih terbuka dan tertarik pada petunjuk tentang siapa yang mungkin memiliki buku catatan selama ini.

Untuk merayakan kembalinya buku catatan tersebut, pihak perpustakaan akan memamerkan buku catatan itu di perpustakaan Universitas Cambridge pada 9 Juli dalam pameran gratis bernama Darwin in Conversation.

Perpustakaan Universitas Cambridge telah meningkatkan sistem dan protokol keamanannya dalam beberapa dekade sejak buku catatan tersebut hilang.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI