Sukabumi Update

Tendon Tulang Warga Jakarta yang Dibacok di Sukabumi Putus, Apa Itu Tendon Tulang?

SUKABUMIUPDATE.com - Remaja asal Jakarta yang menjadi korban pembacokan gerombolan bermotor di Sukabumi pada Sabtu 16 April 2022 sekitar pukul 17.00 WIB mengalami luka cukup serius hingga tulang tendonnya putus.

Hal tersebut diketahui dari penuturan ibu korban Erni (45 tahun),

"Sempat dibawa ke klinik oleh warga, tapi karena luka bacoknya cukup dalam akhirnya dibawa ke Sekarwangi. Dari hasil rontgen ada tulang tendon yang putus sehingga harus dioperasi," kata Erni.kepada Sukabumiupdate.com.

Kini korban masih dalam perawatan di RSUD Sekarwangi Cibadak dan tengah menunggu proses operasi akibat luka bacok yang dideritanya.

Baca Juga :

Lalu apa sebenarnya tulang tendon itu dan apa fungsinya pada tubuh manusia?

Menurut laman hellosehat.com, tendon merupakan jaringan ikat pada tubuh manusia yang menghubungkan otot dengan tulang serta bagian tubuh lainnya.

Jaringan ini mengandung serat kolagen yang tinggi. Tendon sendiri sangat keras serta memiliki kekuatan tarik yang tinggi, namun tetap fleksibel.

photo(Ilustrasi) Tendon - (Pixabay ThinKin_MKDEABH)</span

Pada tubuh manusia ada ribuan tendon yang tersebar dari kepala hingga jari kaki.

Dari ribuan tendon yang tersebar pada tubuh memiliki ukuran dan bentuk tendon yang berbeda-beda tergantung pada otot mana tendon melekat.

Tendon dengan ukuran lebih lebar dan lebih pendek biasanya terhubung dengan otot yang menghasilkan banyak tenaga, contohnya seperti tendon Achilles yang menghubungkan otot betis ke tulang tumit.

Sedangkan tendon dengan ukuran lebih tipis dan panjang, biasanya terhubung dengan otot yang lebih sering melakukan gerakan ringan.

Fungsi Tendon

Fungsi utama tendon yaitu memberikan kekuatan diantara tulang dan otot. Otot memiliki insersio pada bagian ujungnya yang melekat pada tulang. 

Sedangkan tendon yang melekat pada otot akan meneruskan gerakan kontraksi otot tersebut.

Saat otot berkontraksi, tendon secara otomatis akan menarik tulang yang menempel dan membuat tulang bergerak.

Sifat fleksibel yang dimiliki tendon juga berfungsi menstabilkan tubuh atau organ tertentu baik selama bergerak maupun ketika sedang berdiam diri.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI