Sukabumi Update

Siklonik di Selat Sunda, 20 Kecamatan di Sukabumi Waspada Hujan Deras 20 April

SUKABUMIUPDATE.com - BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan deras pada siang hingga malam hari, Rabu (20/4/2022) untuk sejumlah wilayah di Jawa Barat termasuk Sukabumi. Situasi siklonik terpantau berada di perairan Samudera Hindia selatan Selat Sunda.

Mengutip informasi dari portal resmi BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di sekitar perairan Kalimantan Barat, perairan utara Papua Barat, Laut Arafuru dan Samudera Hindia selatan Selat Sunda. Kondisi ini menyebabkan terbentuknya belokan maupun pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi), yang bisa memicu meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca Juga :

"Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dll) dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin (bencana hidrometeorologi) hingga satu pekan kedepan," tulis BMKG.

photoInfografis prakiraan berbasis dampak hujan lebat, 20 April 2022 - (BMKG)</span

Akun media sosial BMKG stasiun  klimatologi Bogor merilis info peringatan dini, waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang, siang hingga malam hari untuk sejumlah wilayah di Jabar. Meliputi Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Sukabumi, Subang, Purwakarta, Cianjur, Bandung, Cimahi, Bandung Barat, Sumedang, Majalengka, Indramayu, Cirebon, Kuningan, Garut, Tasikmalaya, Banjar, Ciamis dan Pangandaran.

Untuk Sukabumi, kondisi waspada dampak dari potensi hujan deras, hari ini (Rabu,20/4/2022) berlaku untuk sejumlah kecamatan baik di kota maupun kabupaten. Portal signature BMKG menginformasi wilayah yang masuk prakiraan berbasis dampak sebagai berikut:  wilayah Kabupaten Sukabumi meliputi; Cikakak, Cisolok, Cikidang, Kabandungan, Cisaat, Kadudampit, Cicantayan, Caringin, Cibadak, Gunungguruh, Sukaraja, Kebonpedes, Sukabumi. Sementara untuk Kota Sukabumi meliputi; Gunung Puyuh, Warudoyong, Lembursitu, Baros, Citamiang, Cibeureum, Cikole.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI