Sukabumi Update

Kenapa Simbol Harga Ribuan Dilambangkan Huruf K?

SUKABUMIUPDATE.com - Kita pasti sering melihan simbol dari huruf K dibelakang keterangan Harga sebuah produknya di pasar ataupun di supermarket.

Salah satu contoh misal kita menemukan harga tas dengan tulisan 499K atau harga buku 5K dan lainnya.

Tak hanya di harga, simbol Huruf K kerap dipakai di beberapa media sosial untuk melambangkan jumlah followers dan like dengan angka mencapai ribuan.

Berdasarkan hal tersebut, penggunaan simbol hutuf ‘K’ tidak hanya dipakai untuk melambangkan suatu harga, tetapi juga bisa digunakan untuk uang, jumlah likes atau followers.

Lantas, apa makna lambang huruf K di akhir keterangan suatu harga atau media sosial?photoKenapa Simbol Harga Ribuan Dilambangkan Huruf K - (Via jadi faham)

Dilansir tempo.co dari orsurety.com, penggunaan huruf K sejatinya merupakan bentuk representasi atau melambangkan satuan ribuan.

Lambang K berasal dari kata Yunani, chilloi yang kemudian disingkat menjadi kilo. Kata kilo dalam bahasa Yunani berarti seribu.

Kilo digunakan untuk melambangkan berat, jarak atau suatu hal dalam satuan ribuan. Misalnya, kilogram, kiloton, kiloliter, dan lain sebagainya.

Penggunaan ini dilakukan pertama kali oleh seorang ilmuwan di Prancis. Kemudian penggunaan kilo (k) semakin berkembang pesat.

Banyak orang di dunia menggunakan istilah ini untuk menyingkat jumlah suatu hal dalam skala ribuan. Termasuk dalam pelambangan harga, sehingga terjadi perubahan penulisan, misal dari Rp 435.000 menjadi Rp 435K.

Melansir dari moviecultists.com, penulisan huruf kapital K untuk melambangkan satuan ribuan terletak di belakang angka dan tanpa spasi.

Akan tetapi, untuk penulisan formal harga, huruf K tidak boleh digunakan. Saat ini, tidak sedikit orang menggunakan satuan K ketika membahas atau menuliskan suatu hal dalam jumlah ribuan, dalam kehidupan sehari-hari.

Selain K, dalam bahasa Yunani juga terdapat lambang M yang merupakan kependekkan dari Mega. Lambang ini biasanya digunakan untuk menunjukkan satuan jutaan.

Penggunaan lambang M ini sering dijumpai di media sosial untuk menunjukkan jumlah likes, follower, atau share.  Selain itu, dalam bahasa Yunani, juga terdapat istilah Giga atau G yang melambangkan satuan miliar.

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI