Sukabumi Update

Tindak Kejahatan di Bulan Masuk KUHP di Kanada

SUKABUMIUPDATE.com - Saat ini Kanada tengah menyusun regulasa yang berkaitan dengan siapapun pelaku tindak kejahatan di Bulan akan dihukum.

Dikutip dari suara.com, Amandemen KUHP Kanada dirujuk dalam Divisi 18 Bill C-19, dengan judul "Undang-Undang Implementasi Perjanjian Gerbang Bulan Sipil".photo(Ilustrasi) Hukum- (Pixabay qimono)

Ini mengusulkan untuk memasukkan orang Kanada yang berada di luar angkasa dan melakukan tindakan atau kelalaian yang dianggap sebagai pelanggaran yang dapat didakwa di Kanada.

Nantinya, permukaan Bulan, stasiun ruang angkasa Gateway, dan transportasi ke atau dari Gateway akan berada di bawah undang-undang tersebut, membuat warga Kanada di lokasi-lokasi ini tunduk pada tindakan hukum atas dugaan kejahatan.

Kanada tampaknya bersiap untuk memperluas akses dan tanggung jawab luar angkasa, setelah menjadi negara pertama yang menandatangani Kesepakatan Artemis dengan Amerika Serikat pada 2019.

Dalam perjanjian tersebut, Kanada harus memasok lengan robot Canadarm3 untuk Gateway dengan imbalan akses ruang angkasa.

Akses tersebut termasuk kuota kursi astronaut dalam misi Artemis II yang akan mengorbit di Bulan dan diperkirakan akan diluncurkan pada 2024.

Seorang profesor Universitas McGill di Montreal mengatakan bahwa lebih banyak amandemen akan diperlukan untuk lingkungan luar angkasa baru.

"Sifat dan ruang lingkup kejahatan mungkin kompleks dan aktivitas kriminal mungkin melibatkan individu dari berbagai negara dan memiliki banyak kebangsaan," kata McGill Ram Jakhu, profesor hukum di Lawyer Monthly, seperti dikutip suara.com dari Space.com pada Kamis (5/5/2022).

Hingga saat ini, lebih dari selusin warga Kanada pergi ke luar angkasa. Pengesahan undang-undang luar angkasa baru tersebut kemungkinan akan memakan waktu berbulan-bulan dan melalui proses berlapis.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI