Sukabumi Update

Ilmuwan Identifikasi Gelombang Panas Paling Ekstrim di Dunia

SUKABUMIUPDATE.com - Akhir-alhir ini, Gelombang panas nyaris terasa dibeberapa negara di dunia termasuk Indonesia.

Dengan demikian, dilakukan sebuah studi baru yang telah mengungkapkan gelombang panas paling intens yang pernah ada di seluruh dunia.

Disadur dari suara.com, Penelitian yang dipimpin oleh University of Bristol, juga menunjukkan gelombang panas diproyeksikan menjadi lebih panas di masa depan seiring dengan memburuknya perubahan iklim.

Baca Juga :

Gelombang panas Amerika Utara bagian barat musim panas lalu, memecahkan rekor dengan suhu tertinggi Kanada sepanjang masa sebesar 49,6 °C di Lytton, British Columbia, pada 29 Juni mendatang, meningkat 4,6 °C dari puncak sebelumnya.

Temuan baru di Science Advances, mengungkap lima gelombang panas lain di seluruh dunia yang lebih parah, tetapi sebagian besar tidak dilaporkan.

Penulis utama, ilmuwan iklim Dr Vikki Thompson di University of Bristol, mengatakan bahwa gelombang panas baru-baru ini terjadi di Kanada dan Amerika Serikat mengejutkan dunia.

"Kami menunjukkan ada beberapa gelombang panas ekstrem yang lebih besar dalam beberapa dekade terakhir," ujarnya dilansir laman Sciencedaily, Senin (9/5/2022).

Menggunakan model iklim, para ilmuwan juga menemukan bahwa peristiwa panas ekstrem kemungkinan besar akan meningkat selama abad mendatang.

Gelombang panas adalah salah satu peristiwa cuaca ekstrem yang paling merusak.photoIlustrasi Gelombang Panas Paling Ekstrim di Dunia - (scitechdaily.com)</span

Gelombang panas Amerika Utara bagian barat adalah peristiwa cuaca paling mematikan yang pernah terjadi di Kanada, yang mengakibatkan ratusan kematian.

Kebakaran hutan yang mengamuk juga menyebabkan kerusakan infrastruktur yang luas dan hilangnya hasil panen.

Namun penelitian, yang menghitung bagaimana gelombang panas ekstrem relatif terhadap suhu lokal, menunjukkan tiga terpanas tertinggi yang pernah ada di masing-masing wilayah.

Asia Tenggara pada April 1998, mencapai 32,8 °C, Brasil pada November 1985, memuncak pada 36,5°C, dan Amerika Serikat Selatan pada Juli 1980, ketika suhu naik menjadi 38,4 °C.

Dr Vikki Thompson, dari Universitas Cabot Institute for the Environment, mengatakan bahwa gelombang panas Amerika Utara bagian barat akan diingat karena kehancurannya yang meluas.

"Penelitian ini mengungkap beberapa ekstrem meteorologis yang lebih besar dalam beberapa dekade terakhir, beberapa di antaranya sebagian besar berada di bawah radar mungkin karena kemunculannya di negara-negara yang lebih miskin," jelasnya.

Penting untuk menilai tingkat keparahan gelombang panas dalam hal variabilitas suhu lokal karena baik manusia dan ekosistem alam akan beradaptasi dengan ini.

Tim ilmuwan juga menggunakan proyeksi model iklim yang canggih untuk mengantisipasi tren gelombang panas di sisa abad ini.

Pemodelan menunjukkan tingkat intensitas gelombang panas akan meningkat sejalan dengan meningkatnya suhu global.

Meskipun suhu lokal tertinggi tidak selalu menyebabkan dampak terbesar, mereka sering terkait.

Rekan penulis Profesor Dann Mitchell, Profesor Ilmu Iklim di Universitas Bristol, mengatakan bahwa perubahan iklim adalah salah satu masalah kesehatan global terbesar di zaman kita.

Sebagai pengakuan atas konsekuensi berbahaya dari perubahan iklim dan komitmen yang jelas untuk membantu mengatasi hal ini.

Pada 2019 University of Bristol menjadi universitas Inggris pertama yang mendeklarasikan darurat iklim.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI