Sukabumi Update

Anggur Manakarra Karya Perajin Sukabumi Tembus Pasar Dunia

SUKABUMIUPDATE.COM - Keindahan batu alam Indonsia, ternyata masih menjadi primadona di pasar dunia. Jenis batu tertentu masih diminati pasar mancanegara khususnya olahan tangan-tangan terampil perajin di Sukabumi.

Salah satu jenis batu asli Indonesia yang saat ini permintaan cukup tinggi, adalah batu anggur manakarra atau lebih dikenal dengan sebutan grape agate. Warnanya yang biru keunguan dan berbentu bulat kecil menyerupai buah anggur, batu dari jenis mineral kuarsa ini memang memesona.

“Ya kita banyak dapat kiriman bahan grape agate untuk diolah sebelum dikirim ke luar negeri. Batu ini benar-benar memesona,” jelas salah seorang perajin sekaligus pedagang batu hias di Kota Sukabumi, Suhanda (40) kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (26/11).

Harga batu ekstosis ini bisa mencapai Rp700 ribu per kilogramnya. “Di sini hanya dibersihkan dari kerak atau kulit batu, sehingga saat dikirim, kristalnya saja,” lanjut Suhanda yang tinggal di Perum Baros, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi ini lebih jauh.

Di negara tujuan yang menjadi pangsa pasarnya, batu ini diolah lebih lanjut untuk pelengkap perhiasan wanita. Jaringan yang dimiliki Suhenda dengan kolektor dan produsen perhiasan di Eropa dan Amerika, menjadikannya seorang ekpsortir batu hias asli Indonesia.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI