Sukabumi Update

Jaga Harga, Menteri Desa Minta BUMDes Kendalikan Pasokan Pangan

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo meminta kepada seluruh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bisa membantu mengendalikan stok pangan dan kelancaran distribusi barang kebutuhan pokok.

Permintaan Menteri Desa itu diarahkan untuk menjaga stabilitas harga pangan saat menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) seperti Ramadan dan Idulfitri 2017.

"BUMDes ini memiliki peran dalam meningkatkan sektor perekonomian di setiap desa. Selain itu, BUMDes juga bisa berperan dalam mengoptimalkan pengendalian stok pangan,"kata Eko, Rabu (19/4).

Menurut dia, BUMDes dapat mengatasi aksi tengkulak yang kerap memainkan harga pasar. Musababnya, para petani nantinya mengirimkan produk hasil pertaniannya ke BUMDes.

"BUMDes ini akan mampu memperkecil rantai distribusi produk pangan, program BUMDes juga kami tujukan selain ruang untuk meningkatkan pergerakan ekonomi desa, juga untuk mengantisipasi gejolak harga dan gangguan pasokan pangan,” paparnya.

Lebih lanjut, Eko menuturkan saat ini terdapat 18.000 BUMDes. Dari 18.000 BUMDes tersebut, yang sudah memiliki keuntungan sebanyak 4.000 BUMDes. Karena itu, pemerintah membangun Holding BUMDes untuk membantu menampung pasokan produk desa dari BUMDes.

"Kita berharap peran BUMDes dapat dimaksimalkan dalam rangka membantu mengendalikan harga pangan saat menghadapi puasa dan lebaran," katanya.

 

Sumber: Tempo

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI